Salin Artikel

BI Catat Kredit Perbankan Tumbuh 0,5 Persen pada Juli 2021

“Di tengah kondisi likuditas yang tetap longgar dan penurunan suku bunga kredit baru, intermediasi perbankan melanjutkan pertumbuhan positif, meskipun belum kuat yaitu sebesar 0,5 persen year on year (yoy),” ujar Gubernur BI, Perry Warjiiyo, dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8/2021).

Perry menjelaskan, pertumbuhan tersebut selaras dengan tren kenaikan kredit konsumsi, terutama Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang tumbuh sebesar 6,79 persen secara yoy pada Juli 2021.

“Sejalan dengan tingginya permintaan kredit kepemilikan rumah,” kata dia.

Selain itu, kredit untuk segmen UMKM juga masih mengalami pertumbuhan sebesar 1,93 persen secara yoy, sedikit menurun dibanding bulan sebelumnya, akibat terbatasnya mobilitas masyarakat.

Meskipun kredit masih tumbuh terbatas, Perry menyebut rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan Juni 2021 tetap tinggi sebesar 24,30 persen, dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) 3,24 persen (bruto) dan 1,06 persen (neto).

“Ketahanan sistem keuangan tetap terjaga, meskipun fungsi intermediasi perbankan masih perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Sebagai informasi, dalam rangka mendongkrak penyaluran kredit, khususnya kepada segmen UMKM, bank sentral akan menerbitkan kebijakan RPIM yang berlaku sejak 1 September 2021. 

https://money.kompas.com/read/2021/08/19/165515726/bi-catat-kredit-perbankan-tumbuh-05-persen-pada-juli-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.