Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga: Bupati dan Walikota Harus Mengakselerasi Belanja Daerah

"Untuk itu, di Bulan Agustus ini Bupati dan Walikota harus mengakselerasi belanja daerah," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Airlangga mengatakan, tingkat konsumsi pemerintah daerah dalam hal ini penggunaan anggaran daerah, bisa menjadi mesin pendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, hal serupa juga berlaku bagi pemerintah pusat. Realisasi belanja pemerintah pusat bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada kuartal II-2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen secara tahunan. Hal itu didorong oleh perbaikan baik di Konsumsi Rumah Tangga maupun Konsumsi Pemerintah yang sepanjang tahun menjadi andalan engine perekonomian.

Airlangga mengatakan, selama semester I-2021, realisasi belanja negara tumbuh sebesar 9,5 persen. Realisasi itu ditopang oleh belanja pemerintah pusat terutama belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal yang lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan sangat tergantung kepada pengendalian pandemi Covid-19 secara disiplin dan dukungan perbaikan sistem ketahanan kesehatan.

Selain itu pertumbuhan ekonomi juga bergantung pada respons kebijakan ekonomi yang tepat untuk memastikan proses pemulihan yang lebih kuat dan penciptaan lapangan kerja secara signifikan dan kesiapan bertransformasi ke masa depan.

https://money.kompas.com/read/2021/08/25/120200126/menko-airlangga--bupati-dan-walikota-harus-mengakselerasi-belanja-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke