Salin Artikel

Ada Gangguan Jaringan Internet Telkom, BKN Jadwal Ulang Pelaksanaan SKD CPNS

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadwal ulang pelaksanaan tes seleksi kompetensi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang terhambat akibat gangguan jaringan internet Telkomsel dan Indihome.

Sejak Sabtu (18/9/2021), sejumlah lokasi pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS mengalami kendala teknis pada server cloud akibat gangguan jaringan tersebut, mulai dari titik lokasi Indonesia bagian Timur, Tengah, dan Barat.

"Yang terdampak akan dijadwalkan ulang dengan mengirimkan surat ke BKN," kata Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama kepada Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Kendati demikian, BKN masih belum mengetahui daerah mana saja yang masih terdampak akibat kendala teknis tersebut hingga kini.

Tim Teknis BKN tetap siaga untuk mengantisipasi permasalahan teknis yang sama.

Sebelumnya, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN Mohammad Ridwan melalui akun Twitternya @abiridwan2173 mengimbau, jika gangguan massal jaringan PT Telkom masih berlanjut hingga hari ini (Senin), peserta SKD CPNS atau Selkom P3K non-guru agar siap dengan bekal lebih.

"Bawa juga kesabaran sebanyak-banyaknya karena ini ujian yg sebenarnya," ujar Ridwan melalui akun Twitternya, Minggu (19/9/2021).

Atas kicauan tersebut, sejumlah warganet mengusulkan agar BKN menyiapkan jaringan internet cadangan dengan menggunakan provider selain yang disediakan Telkom.

Menanggapi hal tersebut, Ridwan menjelaskan bahwa sebagian besar titik lokasi (tilok) SKD CPNS 2021 bersandar pada PT Telkom.

"Sayangnya sebagian besar tilok tidak pakai backup provider. Tilok BKN eksisting Insya Allah aman," tulis dia.

https://money.kompas.com/read/2021/09/20/151803226/ada-gangguan-jaringan-internet-telkom-bkn-jadwal-ulang-pelaksanaan-skd-cpns

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.