Salin Artikel

Tawarkan 6 Dukungan Penuh, Shell Permudah Mitra Buka Bisnis SPBU

KOMPAS.com - Bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dianggap menjanjikan bagi banyak orang. Namun, mereka sering merasa bingung mengenai hal apa saja yang harus dilakukan, terutama dalam memulai bisnis SPBU Shell.

Dari kebingungan para calon pelaku bisnis itu seringkali terbesit berbagai pertanyaan, seperti bagaimana cara buka bisnis SPBU? Apa syarat mendirikan bisnis SPBU Shell? Berapa modal usaha bisnis SPBU Shell? hingga apa keuntungan bisnis SPBU Shell?

Menjawab segala pertanyaan calon mitra, Shell Indonesia melalui program Kemitraan Dealer SPBU Shell berupaya membantu masyarakat yang ingin memiliki dan mengoperasikan bisnis SPBU Shell.

Apabila Anda tertarik menjadi calon mitra SPBU Shell, alangkah lebih baik mengetahui apa saja dukungan yang diberikan perusahaan minyak dan gas multinasional ini sampai stasiun pengisian beroperasi. Berikut ulasannya, dikutip dari Shell.co.id.

1. Joint investment

Bentuk dukungan pertama yang akan diberikan SPBU Shell kepada calon mitra adalah joint investment atau investasi bersama. Dalam hal ini, Shell turut serta berinvestasi dengan porsi sebanyak 30 persen pada bisnis SPBU Shell milik mitra dealer.

Bentuk dukungan Shell kepada calon mitra meliputi peralatan terkait bahan bakar minyak (BBM), sistem pembayaran, dan seluruh visualisasi merek Shell.

Adapun untuk peralatan akan dipinjamkan Shell dalam jangka waktu 10 tahun. Setelah itu peralatan akan sepenuhnya menjadi milik mitra dealer SPBU Shell.

2. Feasibility study

Feasibility study atau studi kelayakan merupakan dukungan kedua dari SPBU Shell yang bisa Anda dapatkan. Dalam tahapan ini, tim Shell Indonesia akan melakukan survei dan analisa terhadap lahan yang dimiliki oleh calon Mitra Dealer SPBU Shell.

Studi kelayakan dilakukan untuk menentukan apakah lokasi milik calon mitra strategis dan layak. Adapun beberapa hal yang dinilai oleh tim Shell, di antaranya visibility, akses, dan traffic atau lalu lintas.

3. Tanpa initial fee

Dukungan ketiga yang akan diberikan Shell kepada calon mitra adalah membebaskan initial fee atau biaya awal.

Artinya, Shell tidak membebankan deposit atau biaya tambahan apapun kepada calon Mitra Dealer SPBU Shell sepanjang proses perencanaan pembangunan bisnis SPBU Shell.

Adapun seluruh proses perencanaan pembangunan bisnis SPBU Shell akan dilakukan secara transparan dan terukur.

4. Pelatihan bagi SDM

Selain pembangunan, Shell akan memberikan dukungan berupa pelatihan teori dan teknis kepada para calon karyawan SPBU Shell secara berkala dan tanpa dipungut biaya tambahan.

Pasalnya, keramahan dan pelayanan yang prima merupakan ciri khas petugas SPBU Shell. Sementar itu, untuk proses rekrutmen calon karyawan SPBU Shell akan diserahkan kepada Mitra Dealer SPBU Shell.

5. Bisnis non-fuel retail

Tak hanya merekrut calon karyawan, calon mitra juga memiliki kebebasan untuk mengembangkan bisnis SPBU Shell miliknya.

Pengembangan bisnis mandiri merupakan salah satu bentuk dukungan Shell agar mitra mendapat potensi pemasukkan lain melalui bisnis non-fuel retail (NFR) atau eceran non-bahan bakar.

Tidak ada batasan dalam mengembangkan bisnis NFR, selama bisnis tidak serupa dengan BBM Shell dan tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Adapun beberapa contoh bisnis NFR yang dapat dikembangkan, yaitu bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner, kedai kopi, bengkel, hingga franchise minimarket.

6. Promosi skala lokal dan nasional

Saat bisnis SPBU Shell milik Anda mulai berjalan, Shell juga akan memberikan dukungan program marketing melalui kegiatan promosi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Dukungan tersebut merupakan komitmen Shell sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lewat promosi yang menarik.

Selain dari Shell, Mitra Dealer SPBU Shell juga dapat menyelenggarakan program promosi secara mandiri. Salah satunya seperti cross-channeling dengan bisnis NFR yang dibangun, misalnya promo voucher, cashback, hingga ganti oli tebus murah.

Apakah Anda tertarik untuk investasi SPBU bersama Shell dan menjadi Mitra Dealer SPBU Shell selanjutnya?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bisnis SPBU Shell, Anda bisa mengunjungi laman website www.shell.co.id/mitraspbu atau mengirimkan email ke bisnis-spbu@shell.com.

https://money.kompas.com/read/2022/04/22/215244526/tawarkan-6-dukungan-penuh-shell-permudah-mitra-buka-bisnis-spbu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.