Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham GOTO Anjlok ke Level Rp 290 Per Saham, “Amunisi” Greenshoe Menipis?

Sebagai informasi, pelemahan saham GOTO sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. Meskipun perseroan menetapkan mitigasi berupa greenshoe untuk menahan pelemahan, nyatanya penurunan harga masih tetap terjadi.

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan penurunan harga saham GOTO dinilai akibat porsi greenshoe yang digunakan sudah mulai menipis atau bahkan habis.

Sehingga amunisi untuk menahan pelemahan harga saham GOTO mulai berkurang.

“Bobot terbesar indeks saat ini, GOTO akan mengalami koreksi karena greenshoe-nya tinggal tersisa sedikit, atau habis, sehingga mungkin ada aksi profit taking pada saham GOTO,” kata Hans kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Penurunan harga saham GOTO juga dinilai membebani pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Sebagai informasi, dalam aturan yang ditetapkan Bursa Efek Indonesia, skema Greenshoe membolehkan emiten melakukan intervensi atau stabilisasi harga.

Adapun ketentuan yang bisa dilakukan oleh perusahaan yakni dengan batas maksimal 15 persen dari saham IPO dengan jangka waktu pelaksanaan maksimal 30 hari.

Nantinya, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia yang ditunjuk GOTO untuk melakukan stabilisasi harga saham, akan mengeksekusi buyback 7,8 miliar saham dari total keseluruhan saham yang ditawarkan saat IPO.

Jika skema Greenshoe ini dieksekusi, maka total saham GOTO yang beredar di publik adalah sebesar 59.82,5 miliar saham.


Menurut Hans, memang dengan skema Greenshoe ini penurunan tajam saham GOTO sempat tertahan beberapa hari lalu, namun penggunaan skema Greenshoe ini yang kian susut tak mampu menahan tekanan penurunan harga saham GOTO.

“Dalam greenshoe kan ada mekanisme untuk buyback saham kalau harga sahamnya turun di bawah harga IPO. Jadi beberapa hari terakhir itu, sahamnya bisa tertahan (penurunan harga) dan tidak turun banyak, dan ini bisa habis kalau GOTO buyback terus,” kata Hans.

Sebagai informasi, GOTO listing di BEI pada 11 April 2022 lalu, dengan harga IPO Rp 338 per saham. GOTO melepas 40,6 miliar saham baru Seri A dengan total dana IPO yang diperoleh Rp 13,7 triliun.

Adapun kapitalisasi pasar GOTO mencapai Rp 400 triliun, yang menempatkan GOTO pada jajaran perusahaan big caps.

https://money.kompas.com/read/2022/04/27/125724526/saham-goto-anjlok-ke-level-rp-290-per-saham-amunisi-greenshoe-menipis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke