Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan karena Resign secara Online

Pasalnya, status kepesertaan Anda menjadi non-aktif setelah keluar dari perusahaan yang biasanya membayarkan iuran.

Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif. Terdapat beberapa cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan karena resign secara online.

Salah satunya adalah dengan cara mengaktifkan BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN atau mobile JKN. Artikel ini akan mengulas informasi seputar cara mengaktifkan kembali BPJS kesehatan secara online.

Syarat pindah kepesertaan BPJS perusahaan ke mandiri

Dikutip dari Buku Panduan Layanan bagi Peserta JKN-KIS Tahun 2022 pada Rabu (8/6/2022), peserta yang sudah tidak ditanggung oleh pemberi kerja karena berakhirnya hubungan kerja wajib berpindah status menjadi peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah).

Cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan karena resign secara online bisa dilakukan jika pekerja berhenti sebagai PPU yang ditunjukkan dengan status peserta dinonaktifkan oleh Badan Usaha atau menunjukkan dokumen PHK.

Peserta PPU yang beralih menjadi Peserta PBPU/ BP pada bulan berjalan sebelum dinonaktifkan, maka pembayaran iuran baru dapat dibayarkan pada tanggal 1 bulan berikutnya dan status kepesertaan sebagai PBPU akan aktif sejak iuran dibayarkan.

Berikut ketentuan peralihan menjadi PBPU BP:

Lebih lanjut, cara mengaktifkan BPJS Kesehatan dari perusahaan ke mandiri secara online bisa dilakukan dengan syarat-syarat kelengkapan dokumen sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga;
  • Buku rekening tabungan BNI, BRI, BTN, Mandiri dan BCA (dapat menggunakan rekening tabungan Kepala Keluarga/anggota keluarga dalam Kartu Keluarga/penanggung).

Cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan secara online

Cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif salah satunya bisa melalui mobile JKN. Berikut cara mengaktifkan BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN:

Selain itu, cara mengaktifkan kembali BPJS kesehatan karena resign secara online bisa dilakukan melalui Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

Pandawa merupakan kanal layanan administrasi tanpa tatap muka/tanpa kontak fisik antara frontliner dan peserta.

Kanal ini menggunakan media WhatsApp untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan.

Pandawa dapat diakses oleh peserta melalui nomor 08118165165. Cara mengaktifkan BPJS kesehatan dari perusahaan ke mandiri secara online lewat Pandawa bisa dilakukan dengan chat nomor tersebut dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

https://money.kompas.com/read/2022/06/08/190912226/cara-mengaktifkan-kembali-bpjs-kesehatan-karena-resign-secara-online

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+