Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak 5 Tips Sukses Jadi Pebisnis Digital

Lilyana juga merupakan pemimpin komunitas penjual Lazada Club (city leader) asal kota Balikpapan. Selama enam tahun belakangan, ia menekuni dan bertransformasi dari seorang ibu rumah tangga menjadi wirausahawan yang sukses.

Selama enam tahun ini, Lilyana mendalami berbagai pengetahuan terkait pemasaran online, baik melalui pelatihan ataupun melalui rekan selama penjual yang juga meraup sukses.

Lilyana memulai bisnisnya dari pengalamannya sebagai ibu baru kala itu, yang membutuhkan banyak perlengkapan kebutuhan bayi.

Pengalaman sulitnya mencari suku cadang (spare part) pompa Air Susu Ibu (ASI) kala itu memberikan inspirasi untuk membantu para ibu baru yang mungkin memiliki kesulitan yang sama.

Dengan menjadi penjual spare part pompa ASI dan produk pendamping kebutuhan bayi lainnya, Lilyana berharap bisa membantu para ibu yang tersebar dari berbagai kota di Indonesia.

Berikut ini adalah lima tips dari Lilyana untuk dapat sukses dalam menjadi wirausahawan digital.

1. Gali Passion untuk Inspirasi Produk Jualanmu

Banyak penjual mungkin akan menawarkan produk yang sama. Seorang wirausahawan harus benar-benar paham tentang produk yang dipasarkannya agar ia bisa menciptakan cara penawaran produk yang unik dan berbeda, untuk bisa menarik perhatian pelanggan.

Coba pikirkan apa yang menjadi passion seorang wirausahawan, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk produk jualanmu. Atau cari tahu apa yang dibutuhkan oleh komunitas sekitar. Kalau wirausahawan bekerja dengan passion, bisa dipastikan kamu akan lebih senang untuk terus belajar dan menjalani usaha barumu.

2. Berikan Penawaran Unik dengan Harga Kompetitif

Pemahaman mendalam akan produk yang akan dijual sangat penting. Menampilkan hasil riset pasar membuat penjual lebih mudah menggali strategi untuk menjual produkmu secara unik dan berbeda, termasuk untuk menawarkan harga yang kompetitif.

Meski harga sering kali menjadi faktor utama penentu pembelian, tapi menampilkan keunggulan dan kualitas produk juga menjadi faktor apakah pelanggan jadi membeli atau bahkan menjadi pelanggan loyal.


3. Pilih dan Pelajari Platform yang Tepat untuk Berjualan

Sebenarnya berjualan di eCommerce bisa menjadi jalan bagi wirausahawan pemula. Berbagai fitur, tools, dan sumber daya yang ditawarkan platform eCommerce bisa dimanfaatkan untuk memudahkan wirausahawan mengoptimalkan penjualan.

Hanya saja, karena sistem dan peraturan yang berbeda dari penjualan offline konvensional, seluruh fitur dan tools tersebut harus dipelajari dan diulik dengan tekun. Selain itu, bandingkan berbagai platform eCommerce yang ada untuk menilai platform mana yang paling cocok untuk tempat berjualan dan sesuaikan dengan target pasar yang ingin dituju.

4. Memanfaatkan Fitur dalam eCommerce

Jangan ragu untuk mencoba dan memanfaatkan semua fitur yang ada di platform eCommerce. Pasalnya, seluruh fitur di eCommerce memang dihadirkan untuk mendorong penjualan.

Menurut Lilyana, fitur gratis ongkir jadi salah satu fitur yang wajib diikuti oleh penjual. Pasalnya fitur ini jadi pertimbangan utama banyak orang dalam berbelanja.

5. Terus Belajar

Kompetisi dalam berjualan online sangatlah ketat. Di dunia online yang bergerak sangat cepat ini, ilmu pemasaran pun terus berkembang. Untuk itu seorang wirausahawan perlu terus untuk belajar demi mengembangkan bisnisnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/10/080000326/simak-5-tips-sukses-jadi-pebisnis-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke