Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Penerima Bansos Ramadhan 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, bansos diberikan untuk menekan inflasi pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam,” ujar Airlangga seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/3/2023).

Terkait dengan bansos beras, pemerintah telah menunjuk Perum Bulog untuk menyalurkannya yang akan dimulai Maret 2023.

Disebutkan, ada sebanyak 21,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing akan memperoleh bantuan beras seberat 10 kilogram.

Sejauh ini, regulasi mengenai pemberian bansos Ramadhan 2023 masih disusun, termasuk penentuan kelompok masyarakat yang akan menjadi penerima bansos.

Rencananya, bansos berupa komoditas pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

“Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kit bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat,” papar Airlangga.

Pemerintah juga terus memantau harga komoditas pangan utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras.

Lantas, bagaimana cara cek penerima bansos Ramadhan tahun 2023?

Cara cek penerima bansos Ramadhan 2023

Perlu diketahui, penerima bansos PKH dan BPNT mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Adapun daftar penerima manfaat PKH dan BPNT atau bantuan sembako bisa dicek secara online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Jika bansos Ramadhan akan diberikan kepada penerima PKH dan BPNT, maka masyarakat dapat memastikan tercatat tidaknya sebagai penerima lewat laman Kemensos.

Apabila tercatat sebagai penerima PKH atau BPNT, artinya yang bersangkutan juga akan memperoleh bansos Ramadhan berupa beras, telur, dan ayam.

Lebih lanjut, langkah-langkah pengecekan penerima bansos Ramadhan sebagai berikut:

Jika nama yang dicari terdaftar dalam penerima manfaat, akan muncul informasi mengenai bansos apa saja yang akan diterima yang bersangkutan, baik PKH, BPNT, PBI JK, atau bansos lainnya.

Sementara itu, nama yang tidak masuk dalm daftar penerima manfaat bansos, akan muncul keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.

Itulah tata cara melakukan pengecekan penerima bansos Ramadhan 2023. Dalam pencariannya, jangan lupa untuk memastikan kebenaran data yang diinputkan.

https://money.kompas.com/read/2023/03/10/122430826/cara-cek-penerima-bansos-ramadhan-2023

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke