Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apindo: 97 Juta Pekerjaan Baru Akan Muncul di Era Industri 4.0

Ia mengatakan, berdasarkan laporan "Future of Jobs Report" dari World Economic Forum, 85 juta pekerjaan akan tergantikan mesin. Bahkan, menurut penelitian International Labour Organization ada 56 persen pekerja di Asia Tenggara rentan kehilangan pekerjaan

Meski demikian, Shinta mengatakan, akan ada 97 juta pekerjaan baru yang muncul akibat industri 4.0.

"Akan ada 97 juta pekerjaan baru bermunculan, akibat karakter kebutuhan pekerja di era Industri 4.0 maupun tren baru, seperti digitalisasi ekonomi serta ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan," kata Shinta dalam pidato sambutan "Pengukuhan Kepengurusan Apindo 2023-2028" di Jakarta, Senin (31/7/2023).

Shinta mengatakan, membangun sumber daya manusia (SDM) di tengah perubahan besar tersebut dan tren ekonomi baru menjadi perhatian asosiasi.

Sebab, kata dia, beban demografi hanya bisa diubah menjadi bonus demografi bila tingkat produktivitas, pendidikan, dan keterampilan kelompok usia produktif Indonesia menjadi lebih tinggi pada periode 2020-2035.

"Bonus Demografi bukanlah sebuah keniscayaan. Bukan sesuatu yang bisa kita take for granted. Untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045, sumber daya manusia yang unggul merupakan kunci ketangguhan negara. Belajar dari pengalaman masa keemasan Nusantara," ujarnya.

Lebih lanjut, Shinta mengatakan, kepengurusan Apindo masa bakti 2023-2028 mengusung empat agenda prioritas, yaitu pertama, penguatan ketenagakerjaan. Kedua, pemberdayaan UMKM yang menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia.

"Ketiga, peningkatan investasi untuk percepatan transformasi industri dan pemutakhiran ekonomi nasional. Keempat, peran aktif advokasi kebijakan Apindo," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/07/31/190000126/apindo--97-juta-pekerjaan-baru-akan-muncul-di-era-industri-4.0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke