Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Resign Kerja Tanpa Drama dan Tetap Profesional

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengundurkan diri dari pekerjaan atau resign adalah hal yang wajar dalam kehidupan karier. Penyebab resign beragam, mulai dari tidak menyukai pekerjaan, budaya kerja yang toxic, kurangnya peluang untuk naik jabatan, rekan kerja menyebalkan, dan sebagainya.

Namun, sebelum memutuskan untuk resign kerja, pikirkan dengan matang. Jangan sampai cara resign yang Anda lakukan justru menghambat karier Anda di mass mendatang.

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Jumat (22/9/2023), menurut Amelia Ransom, direktur senior keterlibatan dan keberagaman di perusahaan perangkat lunak Avalara, Anda hanya boleh meninggalkan pekerjaan ini satu kali, jadi persiapkan diri Anda untuk resign dengan baik.

Berikut beberapa cara resign kerja tanpa menimbulkan drama dan hambatan karier di kemudian hari.

1. Mulailah dengan berbicara dengan atasan langsung

Berikan rasa hormat kepada atasan langsung dengan menjadwalkan obrolan empat mata untuk membicarakan niat Anda untuk resign.

“Anda tidak boleh meninggalkan suatu posisi sampai Anda berbicara dengan manajer dan mungkin manajer dari manajer Anda tentang alasan Anda berpikir untuk resign,” kata Andrew Gold, VP, Talent Management dan HR Technology di Pitney Bowes.

Entah Anda berpikir untuk resign karena kurangnya pengembangan karier, peluang untuk naik gaji, peran yang lebih tinggi, atau kebutuhan akan lebih banyak fleksibilitas, Gold menemukan bahwa orang-orang sering kali terkejut dengan beberapa hasil yang dihasilkan dari percakapan semacam ini.

2. Jangan bermalas-malasan setelah memberi pemberitahuan resign

Sampai Anda masuk kerja untuk terakhir kalinya, Anda masih menjadi karyawan di perusahaan saat ini. Jika Anda mulai datang terlambat, melewatkan rapat, atau menjelek-jelekkan atasan, reputasi Anda sebagai karyawan yang dapat diandalkan mungkin akan menurun.

Ditambah lagi, jangan sampai ketika Anda resign, rekan kerjan harus berjuang untuk mengerjakan pekerjaan tambahan.

Jadi ketika keputusan Anda untuk resign menimbulkan kekacauan, lakukan yang terbaik untuk memudahkan transisi tersebut.

“Cobalah untuk menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan dan dokumentasikan pekerjaan yang Anda lakukan untuk membuat situasi semudah mungkin bagi orang berikutnya dalam posisi tersebut,” saran Gold.

Ringkasan tertulis tentang pekerjaan yang Anda lakukan, cara Anda menyelesaikan pekerjaan, siapa yang membantu, dan daftar terperinci di mana file disimpan dapat membantu, tambahnya.

Tergantung di mana Anda bekerja, menutup lingkaran informasi bisa terlihat sangat berbeda. Namun, hal ini dimulai dengan komunikasi yang solid dengan atasan, ujar Lessie E. Askew, Chief People Officer di Callen-Lorde Community Health Center di New York.

“Miliki dokumen transisi formal dengan supervisor yang berfungsi sebagai dokumen negosiasi dan dokumen akuntabilitas,” sarannya.

“Gunakan ini hampir seperti daftar isi proyek yang sedang Anda kerjakan dan pastikan tim memiliki akses ke sana,” imbuh Askew.

Askew mendesak orang-orang untuk menguraikan tenggat waktu proyek utama, pencapaian yang akan datang, dan kemajuan agar tim tetap pada jalurnya.

3. Jangan memberikan pemberitahuan resign dua minggu sebelumnya

Dalam Handbook of The Working Adult, aturan dua minggu ini sudah mendarah daging. Kadang-kadang, karyawan bahkan memberikan lebih banyak pemberitahuan, dengan harapan hal itu akan membuat mereka terlihat baik.

Namun hal tersebut tidak selalu ideal, kata Askew.

“Anda harus memikirkan tentang nilai tambah yang berkelanjutan dari pemberian pemberitahuan ekstra dan kapan hal itu menjadi nilai negatif,” sarannya.

Askew mengatakan, jika hubungan Anda dengan perusahaan tidak baik atau ada perasaan yang kuat, sebaiknya patuhi apa yang ada dalam buku panduan.

Jika Anda resign dengan baik-baik, waktu tambahan mungkin akan berguna untuk mempercepat penggantian Anda.

Bagaimanapun, jika Anda akan keluar, Anda harus mempersiapkan mental untuk menghadapi hal yang tidak terduga.

“Bersiaplah untuk mengemas barang-barang Anda dan pergi setelah Anda memberi tahu atasan bahwa Anda akan secara resign dari perusahaan tersebut,” kata Ransom.

Anda juga perlu memberi diri Anda ruang untuk bernapas sebelum kesempatan berikutnya dimulai, tambah Askew.

Terkadang Anda perlu menghilangkan energi yang ada di tempat terakhir. Anda tentu tidak ingin memproyeksikan pengalaman masa lalu Anda di tempat kerja baru.

"Luangkan waktu sebanyak yang Anda perlukan untuk merenungkan apa yang telah Anda pelajari atau bagaimana Anda berkembang dalam pekerjaan terakhir Anda," ucap Askew.

4. Persiapkan wawancara resign

Mempersiapkan wawancara resign seperti membuat kue. Penting untuk menambahkan semua bahan yang tepat, namun jangan terlalu memanaskan api.

Obrolan dengan HRD tentang pengalaman Anda di sebuah perusahaan adalah peluang utama untuk berbagi wawasan, tantangan, dan bidang pertumbuhan bagi suatu organisasi. Namun kuncinya adalah bersikap konstruktif.

Sangat mudah untuk melontarkan daftar keluhan dan keluhan kecil, namun penggunaan waktu yang lebih baik adalah dengan mengemukakan tantangan dan manfaat yang lebih besar yang Anda dapatkan selama berada di dalam organisasi.

“Mereka yang menggunakannya dengan baik melihatnya sebagai momen refleksi yang luar biasa,” kata Ransom.

Jika HRD tidak menyiapkan wawancara resign, hubungi mereka dan buat sendiri.

5. Jangan resign dengan kondisi yang tidak mengenakkan

Lingkaran HRD kecil, Askew memperingatkan. Berhati-hatilah dengan bagaimana perilaku atau tindakan Anda akan mengikuti Anda.

“Salah satu kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan adalah tidak memikirkan masa depan Anda. Jangan biarkan emosi mengendalikan keputusan Anda saat mengundurkan diri," ungkap Askew.

Anda harus selalu berasumsi bahwa Anda dapat bekerja lagi dengan seseorang dari perusahaan saat ini. Mereka bisa menjadi rekan kerja, klien, manajer perekrutan, atau posisi lain untuk membantu Anda memajukan karier.

https://money.kompas.com/read/2023/09/22/111400126/cara-resign-kerja-tanpa-drama-dan-tetap-profesional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke