Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gen Z Merapat, Ini Kunci Pengajuan Pinjaman Disetujui Bank

Dengan begitu, ketika mengakses pinjaman untuk pertama kali pihak lembaga jasa keuangan akan mempertimbangkan beberapa hal selain skor kredit.

Secara umum, skor kredit adalah penilaian yang digunakan untuk mengukur kelayakan dalam memberikan fasilitas kredit dan ditentukan berdasarkan kepemilikan produk kredit dan status pembayarannya.

Skor kredit dapat dilihat dengan mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan atau disebut SLIK yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas apa saja yang akan dipertimbangkan lembaga jasa keuangan ketika memberikan pinjaman pada gen Z yang belum memiliki skor kredit?

Unsecured Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tresia Sarumpaet menjelaskan, pertama-tama perbankan akan melihat pekerjaan dari calon penerima pinjaman.

Dengan melihat status pekerjaan, bank otomatis juga akan memperhitungkan besaran gaji yang diterima calon peminjam tersebut.

"Dua hal itu berpengaruh pada pinjaman akan disetujui atau tidak," imbuh dia.

Seiring itu, perbankan juga biasanya akan melakukan survei sebelum menyalurkan pinjaman.

Hal ini bertujuan untuk memastikan nasabah mengajukan pinjaman atas keinginan dan identitas diri sendiri.

Survei ini juga berguna untuk memastikan data nasabah tidak bocor dan digunakan pihak tak bertanggung jawab untuk mengajukan pinjaman secara ilegal.

Tak hanya itu, jumlah tabungan nasabah di sebuah bank juga dapat menjadi pertimbangan persetujuan pemberian kredit ke nasabah.

"Saya sarankan, kalau misal mau ambil kartu kredit dapat memiliki tabungan dulu di bank tersebut. Jadi bank akan lebih merasa confident untuk memberikan fasilitas pinjaman," ujar dia.

Hal ini juga berlaku ketika nasabah ingin mengajukan cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit kendaraan bermotor (KKB) di masa mendatang.

https://money.kompas.com/read/2023/12/06/065942626/gen-z-merapat-ini-kunci-pengajuan-pinjaman-disetujui-bank

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke