Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampanye Produk, Strategi Komunikasi Efektif di Era Digital

Kampanye dikemas dalam narasi mengalir dan ‘plot twist’, video tersebut memuat imbauan dan edukasi untuk masyarakat agar lebih waspada terhadap penipuan perbankan yang marak dilakukan secara online.

Narasi yang mengalir membuat penonton mudah mengikuti cerita, sedangkan "plot twist" yang mengejutkan membuat penonton penasaran dan ingin menonton video kampanye sampai selesai.

Kampanye ini memanfaatkan media sosial yang digemari oleh masyarakat. Media sosial merupakan saluran efektif untuk menjangkau masyarakat luas.

Kampanye BCA ini menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Twitter untuk menyebarkan pesannya.

Bagi BCA, kampanye seperti ini bukan yang pertama, merupakan kelanjutan dari kampanye gerakan ‘Tolak dengan Anggun’ akhir 2022, mengenai modus penipuan perbankan dengan berbagai cara berbeda yang dikemas dalam video kampanye dengan tokoh utama penyanyi Anggun C. Sasmi.

BCA sempat menerima 1.000 keluhan per bulan soal aksi penipuan via layanan bantuan Halo BCA. Dampak dari kampanye tersebut mereka klaim pada akhirnya mampu menurunkan angka kasus nasabah tertipu secara drastis menjadi nol.

"Product Oriented Campaigns"

Program “Do Know, Kasih No” merupakan kampanye yang berorientasi pada produk (Product oriented Campaigns). Jenis kampanye ini umumnya dilakukan dalam lingkungan bisnis komersial dengan tujuan membangun citra positif terhadap produk yang diperkenalkan ke masyarakat.

Kampanye produk seperti ini bukan sesuatu yang baru dan banyak dilakukan oleh berbagai jenama (merek) dan perusahaan di berbagai belahan dunia.

Selain untuk mendorong kesadaran publik akan isu tertentu, di sisi lain memperkuat identitas dan reputasi perusahaan.

Proctor & Gamble, “Thank You, Mom” (2009), kampanye ini memberikan pesan tentang peran ibu dalam kesuksesan seseorang.

Kita semua tahu sejatinya seseorang tidak akan berada di titik puncak tanpa peran serta ibu. Ibu memberi makan, memandikan, merawat ketika sakit dan mendampingi di setiap aktivitas. Apakah atlet, bintang film, apapun, ibu bekerja keras untuk kesuksesan mereka.

American Express, “Small Business Saturday” (2010), Black Friday adalah bagian dari budaya Amerika. Pesan ini merupakan bentuk penghargaan kepada para agen dan usaha kecil menengah (UMKM).

Melansir Huffpost, 17 November 2020, Black Friday merupakan istilah hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat. Sejak 1952, sehari setelah Thanksgiving dianggap sebagai awal musim belanja Natal di mana banyak toko menawarkan promosi besar-besaran.

Dove, “Campaign for Real Beauty” (2004), selama lebih dari satu dasawarsa, Dove bekerja untuk mengubah percakapan publik tentang kecantikan.

Dengan membuat iklan yang menampilkan wanita sejati, memungkinkan orang untuk melihat dirinya sendiri. Tidak sekadar berkulit putih dengan rambut menjuntai, namun juga apa adanya.

Kampanye secara etimologi berasal dari bahasa Perancis, yakni “Campaign” yang memiliki arti, yaitu lapangan, operasi militer.

Istilah kampanye banyak digunakan untuk berbagai kegiatan, baik dalam pemasaran bisnis, pemilihan pemimpin politik di Pilpres/Pilkada/caleg, kegiatan sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Kampanye kerap dinilai lebih bersifat persuasif karena disertai bujukan dan iming-iming. Sementara propaganda, sekalipun dasarnya sangat persuasif, kerap disertai tekanan berupa penonjolan dari dampak buruk yang bisa terjadi jika massa tak bertindak seperti apa yang dipropagandakan.

Mencermati kampanye produk setidaknya kita bisa melihat beberapa karakter dasar yang cukup menjadi perhatian dan pertimbangan utama dalam skema komunikasi strategis.

Pertama, kampanye mendorong target market dan khalayak sasaran memahami nilai serta prinsip-prinsip dasar yang menjadi alasan utama produk disuguhkan dalam ruang publik. Meminta secara sadar dan persuasif yang bertujuan terjadi perubahan sikap dan perilaku.

Kedua, penonjolan sisi humanis (human interest) menjadi kekuatan dasar yang memberikan penekanan terhadap kepedulian perusahaan terhadap solusi menghadapi permasalahan keseharian publik.

Ketiga, kampanye dikemas dengan mendorong ketertarikan publik secara tidak langsung (soft selling), dengan menempatkan institusi di belakang dan tidak dominan dalam publikasi.

Kampanye sebagai komunikasi strategis

Rogers dan Storey (1987) mendefinisikan kampanye sebagai “serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.”

Tujuan kampanye menggugah isu tertentu dengan menyampaikan informasi produk atau gagasan/ide yang dikampanyekan sehingga masyarakat menyukai, simpati, peduli atau berpihak kepada yang melakukan kampanye.

Kampanye berfungsi sebagai informasi agar masyarakat lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan dalam kampanye. Kemudian sebagai sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat.

Selain itu, upaya menggugah kesadaran dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu. Pada akhirnya pengembangan usaha dengan membujuk khlayak untuk membeli produk yang dipasarkan dan membangun citra positif peserta kampanye.

Kampanye komunikasi strategis adalah serangkaian pesan terkoordinasi yang dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya untuk entitas komunikatif.

Menggunakan berbagai media dan teknik pesan yang terintegrasi untuk mencapai tujuan komunikasi. Fokus pada satu tema menarik yang relevan bagi pemangku kepentingan.

Pesan berulang dari satu ide dominan yang dilakukan dari waktu ke waktu (berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun) dan ruang (menggunakan media dan taktik promosi).

Kampanye komunikasi strategis saat ini, kampanye modern yang menggabungkan perubahan teknologi dan memanfaatkan saluran baru untuk mendistribusikan pesan.

Kampanye komunikasi strategis yang baik harus menarik perhatian publik, membuat mereka mudah mengingatnya dan merespons.

Kemudian tidak akan terlupakan, menghibur, dapat menentukan kegagalan atau kesuksesan suatu merek, ide, atau organisasi.

Di sisi lain, kampanye juga merupakan bagian dari budaya populer yang relevan dengan kondisi terkini dan mencerminkan apa yang terjadi di dunia yang dinamis.

https://money.kompas.com/read/2023/12/20/155525526/kampanye-produk-strategi-komunikasi-efektif-di-era-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke