Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Banyak Rekening Bank yang Sebaiknya Dimiliki?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit orang memiliki lebih dari satu rekening bank karena berbagai alasan. Namun demikian, berapa banyak rekening bank yang sebaiknya dimiliki?

Dikutip dari US News, Rabu (27/3/2024), jumlah rekening bank yang ideal tergantung pada kebiasaan dan kebutuhan finansial Anda.

“Kebanyakan orang memerlukan setidaknya satu rekening untuk mengelola transaksi harian dan satu rekening untuk menyisihkan dana tambahan,” kata Leslie H Tayne, pengacara keuangan di Tayne Law Group P.C di New York, AS.

"Namun, mungkin ada situasi ketika Anda memerlukan rekening lain," imbuh dia.

Keuntungan memiliki beberapa rekening bank

Memiliki beberapa rekening bank dapat membantu Anda mengatur keuangan. Berikut beberapa alasan Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu rekening bank.

  • Menjaga pengecekan pengeluaran rutin dan tabungan.
  • Memisahkan dana darurat.
  • Memisahkan rekening bank bisnis dan pribadi.
  • Memisahkan pengeluaran, misalnya satu rekening untuk tagihan dan satu lagi untuk pengeluaran variabel.

Perencana keuangan bersertifikat Ohan Kayikchyan mengatakan masuk akal bagi sebuah rumah tangga untuk memiliki empat rekening. Satu rekening untuk tagihan rutin bulanan dan satu lagi untuk pengeluaran variabel.

Kemudian, tambah satu rekening tabungan untuk dana darurat dan satu lagi untuk tujuan tabungan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan memiliki beberapa rekening bank

Meskipun menggunakan beberapa rekening bank dapat membantu, mempertahankan rekening tersebut dapat menjadi kelemahan.

Meski demikian, sisi positifnya, menggunakan lebih dari satu rekening bank dapat membantu Anda dalam menganggarkan, memisahkan dana, dan melacak aliran uang.

Tayne mengatakan menetapkan rekening untuk kategori pengeluaran yang berbeda dapat membantu Anda menghindari pengeluaran berlebihan.

Misalnya, jika Anda menggunakan rekening terpisah untuk membayar tagihan dan pengeluaran variabel, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan uang untuk membayar tagihan karena Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk belanjaan.

Jika Anda memiliki banyak uang tunai, Tayne mengatakan sebaiknya Anda menyebarkannya ke beberapa rekening bank.

Akan tetapi, jika Anda memiliki beberapa rekening bank, Anda harus mengelola semuanya.

“Semakin banyak rekening bank yang Anda miliki, semakin banyak pula yang harus dikelola dan dilacak. Pertimbangkan persyaratan saldo minimum untuk menghindari biaya serta transfer otomatis yang dapat membuat Anda berada dalam bahaya jika Anda tidak memiliki cukup dana," ungkap Tayne.

Dia merekomendasikan untuk meninjau laporan bank secara teratur untuk mengetahui adanya aktivitas penipuan.

Selain itu, beberapa rekening tabungan berbunga menghasilkan tingkat bunga yang lebih tinggi bergantung pada saldo. Akan lebih menguntungkan jika menyimpan lebih banyak uang di satu tempat.

Namun, rekening bank tidak memengaruhi skor kredit kecuali jika Anda memiliki rekening yang ditagih dengan saldo negatif.

Misalnya, Tayne menyarankan penggunaan aplikasi penganggaran dan menautkan rekening untuk mendapatkan gambaran gabungan tentang keuangan Anda.

Anda juga dapat mendaftar untuk menerima pemberitahuan teks atau e-mail dari bank Anda untuk mendapatkan pemberitahuan tentang saldo rendah, transaksi besar, dan pembayaran tagihan yang akan datang.

Namun, Anda harus melakukan peninjauan rutin terhadap rekening bank Anda.

“Sebaiknya periksa laporan bank Anda setiap bulan untuk memastikan tidak ada transaksi tidak sah atau mencurigakan di rekening,” kata Kayikchyan.

"Meninjau laporan bank secara berkala juga akan membantu dalam penganggaran, membantu Anda mengendalikan pengeluaran," imbuh dia.

https://money.kompas.com/read/2024/03/27/191407926/berapa-banyak-rekening-bank-yang-sebaiknya-dimiliki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke