Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspor Rumput Laut Olahan Baru 33,39 Persen, Kemenperin: Industri Harus Adaptif

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, produk ekspor rumput laut didominasi rumput laut kering sebesar 66,61 persen.

"Sementara rumput laut olahan (karagenan dan agar-agar) masih sebesar 33,39 persen," kata Putu dalam acara Businesa Matching Industri Pengolahan Rumput Laut dengan Industri Pengguna di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Putu mengatakan, sepanjang 2023, Indonesia memproduksi 10,7 juta ton rumput laut basah. Dari jumlah tersebut, sebesar 77 persen digunakan untuk produk makanan dan minuman. Sementara itu, untuk farmasi, kosmetik, dan lainnya hanya sebesar 23 persen.

"Industri ini perlu lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan pasar," ujarnya.

Putu mengatakan, berdasarkan The Global Seaweed: New and Emerging Market Report tahun 2023 mengidentifikasi pangsa pasar baru yang akan berkembang pada tahun 2030 untuk produk hilir rumput laut dengan potensi pasar sebesar 11,8 miliar dollar AS.

Adapun produk hilir rumput laut di antaranya, produk biostimulan, bioplastik, aditif pakan hewan, nutraseutikal, protein alternatif, farmasi, dan tekstil.

"Pengembangan dan inovasi produk diharapkan dapat mendorong hilirisasi rumput laut menjadi produk potensial tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, Putu mengatakan, untuk meningkatkan daya saing dan optimalisasi hilirisasi industri rumput laut dalam negeri, Kemenperin bersinergi dengan berbagai K/L melalui afirmasi program dan kebijakan sesuai arahan Presiden dalam rangka percepatan hilirisasi industri rumput laut nasional.

Selain itu, Kemenperin berkomitmen untuk meningkatkan hilirisasi komoditas rumput laut melalui diversifikasi produk olahan rumput laut.

"Mendorong kerja sama antara industri pengolahan rumput laut dengan industri pengguna, mendorong program sertifikasi TKDN, dan program restrukturisasi mesin atau peralatan bagi industri pengolahan rumput laut," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2024/06/25/121100326/ekspor-rumput-laut-olahan-baru-33-39-persen-kemenperin--industri-harus-adaptif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke