Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Terus, Bawang Merah Rusak

Kompas.com - 14/05/2010, 05:04 WIB

Tegal, Kompas - Akibat hujan terus-menerus dalam beberapa hari terakhir, tanaman bawang merah di sebagian wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, rusak. Misalnya, di Kelurahan Kalinyamat Kulon dan Cabawan, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, serta di Desa Dukuhturi dan Sidakaton, Kabupaten Tegal, Kamis (13/5).

Daun bawang meranggas dan layu, sebagian lain ambruk. Kondisi itu diperparah dengan serangan hama ulat. Sebagian tanaman yang rusak terkena hujan dan terserang ulat saat ini berusia sekitar 40 hari, sebagian lain berusia 55 hari atau siap panen.

Menurut Abdul Syukur (38), petani di Kelurahan Kalinyamat Kulon, ulat masuk ke daun bawang sehingga tanaman layu. Akibatnya, pertumbuhan bawang merah tidak optimal. Dari 1 hektar tanaman yang terkena hujan dan diserang ulat, hanya dihasilkan 5 ton bawang merah. Padahal, dalam kondisi normal, bisa dihasilkan sekitar 8 ton bawang merah.

Wondo (38), petani lain, mengatakan, sesuai dengan siklus tahunan, seharusnya pada April hingga Mei hujan jarang turun. Namun, April lalu hujan masih sering turun di Tegal. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir hujan turun terus-menerus. ”Untuk tanaman bawang merah, hujan termasuk merusak. Meski sedikit, kalau terus-menerus tidak baik untuk tanaman,” katanya.

Sartono (40), petani lainnya, mengatakan, selain faktor cuaca tidak menentu, petani juga terbebani kenaikan harga pupuk.

Banjir

Selain merusak tanaman, hujan sejak Rabu malam juga mengakibatkan sekitar 200 rumah di Desa Bojongsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, kebanjiran.

Koordinator Tim SAR Brebes Adhe Danie Rahardjo mengatakan, banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisanggarung yang membatasi Kabupaten Brebes dengan Kabupaten Cirebon.

Tinggi air di pemukiman warga berkisar 30-50 sentimeter. Namun, banjir bersifat sesaat karena merupakan banjir limpasan. Menurut Adhe, air Sungai Cisanggarung meluap karena pintu pembuangan hilang.

Di Kabupaten Semarang, hujan deras yang mengguyur mulai hari Selasa sore hingga Rabu (12/5) menyebabkan tanah longsor, yang kemudian menimpa rumah warga di Desa Samirono, Kecamatan Getasan. Talut sepanjang 10 meter longsor dari ketinggian sekitar 6 meter hingga mengenai ruang tamu rumah warga di bawahnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com