Tarif Kargo Naik, Permintaan Lion Parcel Justru Tumbuh Double Digit

Kompas.com - 08/03/2019, 15:13 WIB
Direktur Utama Lion Parcel Farian Kirana KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Utama Lion Parcel Farian Kirana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan tarif surat muatan udara berdampak pada naiknya tarif kargo pada perusahaan logistik seperti Lion Parcel. Meski demikian namun pertumbuhan permintaan mereka masih stabil.

Direktur Utama Lion Parcel Farian Kirana mengatakan, sejak tarif kargo naik November 2018, permintaan mereka masih tumbuh setidaknya lebih dari 10 persen.

"Kita sampai hari ini pun tiap bulan masih melihat growth double digit. Di atas 10 persen dari bulan ke bulan," ujar Farian di kantor Lion Parcel, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (8/3/2019).

Untuk tahun ini, Lion Parcel menargetkan pertumbuhan empat sampai lima kali dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Tarif Kargo Naik, Lion Parcel Beri Opsi Pengiriman Darat dengan KALOG

Farian mengatakan, permintaan masih tinggi utamanya dari e-commerce. Permintaan untuk penjualan online mendapat porsi 20 persen dari keseluruhan ekspedisi di Lion Parcel. Menurut dia, belanja online menjadi tren baru seiring menjamurnya aplikasi e-commerce. Apalagi beberapa e-commerce menawarkan promo gratis ongkos kirim.

"Dengan menaikkan harga kan itu jadi harga normalnya, tapi kan kita lakukan marketing dengan diskon-diskon. Jadi menurut saya sih enggak (melambat)," kata Farian.

Selain dari e-commerce, pengguna jasa Lion Parcel adalah sektor ritel yang penjualnya memasarkan bukan lewat e-commerce, tapi media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Perusahaan telah bekerja sama dengan Lazada, Blibli, hingga Bukalapak untuk jasa ekspedisi. Saat ini, Lion Parcel tengah menjajaki kerja sama dengan e-commerce lainnya.

"Saya lihat Lion Parcel masih bisa menggarap lebih banyak market lagi," kata Farian.

"Kita punya value kecepatan, jadi kita harap dengan punya armada pesawat sendiri, kita kerja sama dengan pihak yang punya kekuatan juga, kita harap bisa memberikan service yang lebih lagi bagi pelanggan," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.