Pemilu Sumbang 0,3 Persen ke Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 23/03/2019, 14:36 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi masih berlanjut. pada tahun 2019 ini. Penyelenggaraan pemilihan umum ( pemilu) pun diperkirakan bakal memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kiryanto, pemilu terbukti mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini terlihat pada pemilu 2009 dan 2014 lalu.

"Dari pengalaman 2009 dan 2014, pemilu menyumbang 0,2 sampai 0,3 persen untuk pertumbuhan ekonomi. Itu berasal dari political spending seperti buat kaos, spanduk," sebut Kiryanto dalam dalam pelatihan wartawan ekonomi dan moneter BI di Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019).

Baca juga: Pemilu Bukan Halangan bagi Ekonomi untuk Tetap Tumbuh

Kiryanto menuturkan, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di atas 5 persen pada tahun ini, yakni 5,2 persen. Meskipun begitu, akselerasi pertumbuhan ekonomi akan terlihat mulai kuartal II 2019.

Adapun akselerasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019 cenderung belum terlihat, akibat terbatasnya belanja.

"Kalau untuk kuartal I ini memang masih belum terlihat, karena spending-nya memang masih terbatas," terang Kiryanto.

Baca juga: BI: Pemilu Jadi Salah Satu Faktor Terjaganya Daya Beli Tahun Ini

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah akan terus menjaga pertumbuhan ekonomi yang stabil sepanjang 2019. Ia juga meminta semua pihak tidak khawatir dengan penyelenggaraan pemilu.

"Saya anggap kita sudah lalui pemilu beberapa kali. Jadi saya minta agar pemilu tidak dicemaskan, tapi kita tetap harus waspada terhadap lingkungan global yang cukup nyata. Sehingga kita harus betul fokus memperkuat ekonomi kita," ujar Sri Mulyani.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X