Menurut Trump, AS Bisa Menang Perang Dagang dengan China jika....

Kompas.com - 15/05/2019, 12:06 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Balai Agung Rakyat China di Beijing, Kamis (9/11/2017). (AFP/Nicolas Asfouri) Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Balai Agung Rakyat China di Beijing, Kamis (9/11/2017). (AFP/Nicolas Asfouri)

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump memprediksi langkah lanjutan yang akan diambil China di tengah perang dagang adalah pemangkasan suku bunga acuan. Oleh karena itu, Trump mendesak bank sentral AS Federal Reserve juga menurunkan suku bunga acuan.

Sebab, apabila The Fed memangkas suku bunga, ujar Trump, maka AS akan dapat memenangkan perang dagang.

Dikutip dari CNBC, Rabu (15/5/2019), dalam unggahan pada akun Twitter pribadinya, Trump pun mendesak The Fed untuk melonggarkan kebijakan moneternya.

Baca juga: Bursa Saham AS rontok, Trump Kurangi Ancamannya ke China

"China akan memompa uang ke sistem mereka dan kemungkinan menurunkan suku bunga, seperti biasa, untuk membantu bisnis mereka, dan akan kalah. Jika Federal Reserve juga melakukan hal yang serupa, maka permainan akan berakhir, kita menang!" tulis Trump pad akun Twitter-nya.

Gedung Putih dan Beijing menemui jalan buntu dalam negosiasi perdagangan. AS ingin China menurunkan batasan-batasannya untuk bisnis asing dan agar China menghentikan pencurian kekayaan intelektual.

Akan tetapi, China malah melakukan tindakan balasan terhadap kenaikan tarif impor yang diajukan Trump baru-baru ini. China membalas dengan menerapkan tarif baru atas impor barang-barang dari AS senilai 60 miliar dollar AS.

Baca juga: Perang Dagang Kembali Memanas, China Balas Kebijakan Trump

Dalam unggahan-unggahan sebelumnya pada akun Twitter-nya, Trump bersikeras bahwa ia hanya akan menerima perjanjian yang memberi untung besar bagi AS. Sejalan dengan tekanannya pada China, Trump juga menekan The Fed untuk memangkas suku bunga acuan.

Pada tahun 2018 silam, The Fed menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate sebanyak empat kali. Akan tetapi, pelaku pasar kini memprediksi The Fed akan menurunkan suku bunga acuan pada Oktober 2019 mendatang.

Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari menyatakan bahwa dirinya memandang bahwa kebijakan moneter yang diambil The Fed saat ini sudah tepat.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X