Mudik 2019, Pengguna Transportasi Darat dan Laut Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 22/05/2019, 05:32 WIB
Pada puncak arus balik yang dimulai Selasa (19/6/2018) malam, banyak pemudik dengan kendaraan roda dua menyerbu jalur arteri Karawang. KOMPAS.com/Farida FarhanPada puncak arus balik yang dimulai Selasa (19/6/2018) malam, banyak pemudik dengan kendaraan roda dua menyerbu jalur arteri Karawang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, akan terjadi peningkatan pengguna moda transportasi di jalur darat dan laut pada mudik 2019 ini.

"Seperti laut dan darat itu akan naik lebih dari apa yangg kita prediksikan," ungkap Menhub Budi ditemui di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menhub menuturkan, akan terjadi pergeseran masyarakat yang menggunakan kedua pilihan moda transportasi itu dari tahun sebelumnya atau mudik tahun lalu. Ini tentu dipengaru sejumlah faktor ditengah berkembangnya pilihan fasilitas publik di bidang transportasi.

"Kerana faktor jalan tol jadi, koordinasi dan sosialisasi yang lebih bagus," jelasnya.

Dia menambahkan, meskipun demikian animo serta antusias publik pada pilihan moda transportasi udara juga masih tetap diminati dan tetap tinggi. Walaupun ada gejolak protes dan keluhan dari masyarakat akan tingginya harga tiket yang ditetapkan maskapai penerbangan akhir-akhir ini.

"Saya lihat kalai angkutan udara itu sangat diminati, mungkin kalau pun (volumenya) turun tidak akan turun banyak, jadi kapasitas itu tetap," imbuhnya.

Sisi lain, Kemenhub bersama sejumlah intansi terkait sudah membahas dan mempersiapkan skenario mudik Lebaran 2019 dengan matang. Mereka terus mempertajam dan memfokuskan apa yang masih perlu diperbaik.

Sehingga kendala-kendala yang sewaktu-waktu terjadi biasa diatasi.

Bahkan, kemarin, Menhub dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah membahas Persiapan Penyediaan Sarana dan Prasarana Transportasi dalam Penanganan Arus Mudik Lebaran 2019 dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI.

Komisi V DPR RI meminta penjelasan dan paparan langsung sejauh mana sudah persiapan angkutan mudik tahun ini. Kedua menteri ini diminta memaparkan persiapan mereka sesuai dengan tupoksi kerja masing-masing.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X