Jelang Mudik, KAI Luncurkan 4 Kereta Sleeper Baru

Kompas.com - 27/05/2019, 06:07 WIB
PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALAPT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari raya Idul Fitri, PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper jenis terbaru yang dinamakan Luxury 2.

Gerbong kereta ini dirangkaikan pada kereta Argo Lawu relasi Gambir - Solo Balapan, kereta Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta, dan kereta Gajayana relasi Gambir-Malang.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, kereta Luxury 2 cocok sebagai moda transportasi alternatif masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Yang spesial dari kereta ini adalah fasilitasnya yang lengkap layaknya pesawat kelas bsnis.

"Dengan adanya Kereta Luxury 2 ini, kami berharap masyarakat dapat merasakan sensasi naik kereta dengan tingkat pelayanan dan kenyamanan yang lebih eksklusif," ujar Edi di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019).

Baca juga: Laris Manis Kereta Sleeper

PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019).
Kereta Luxury 2 ini merupakan generasi terbaru kereta Luxury yang telah dirilis pada pertengahan 2018 lalu. Tahun lalu, kereta sleeper dirangkaikan pada kereta Argo Bromo Anggrek Luxury relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Pada kereta sleeper generasi pertama itu, KAI melihat antusiasme yang besar dari masyarakat. Meski harganya tergolong mahal, tiketnya hampir selalu habis terjual. Rata-rata okupansi kereta Argo Bromo Anggrek Luxury mencapai 108 persen.

Namun, ada beberapa masukan perbaikan dari beroperasinya Luxury 1 sehingga KAI meluncurkan kereta sleeper versi berikutnya yang lebih sophisticated dan menampung lebih banyak penumpang.

"Yang pertama kan percobaan. Lalu dievaluasi bahwa perlu sleeper yang seperti ini. Nanti akan dievaluasi apakah penumpang ingin menggunakan ini lebih banyak," kata Edi.

Meski diluncurkan jelang masa mudik, namun kereta sleeper akan terus beroperasi di hari-hari biasa sebagaimana kereta sleeper sebelumnya.

Untuk masa angkut Lebaran kali ini, KAI mengoperasikan tiga kereta sleeper generasi pertama atau Luxury 1 dan empat kereta Luxury 2.

Adapun harga tiketnya dibanderol Rp 750.000 dalam masa promo selama sebulan, mulai keberangkatan 26 Mei hingga 26 Juni 2019. KAI belum menentukan harga normal setelah masa promo berakhir.

Pemesanan tiket dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Baca juga: Jajal Kereta "Sleeper" PT INKA, Menristek Serasa Naik Qatar Air



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X