Arus Balik Susulan, Jasa Marga akan Berlakukan "One Way" dan "Contra Flow" Lagi

Kompas.com - 11/06/2019, 05:14 WIB
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019). ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZARPetugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menyiapkan one way dan contra flow untuk arus balik susulan agar perjalanan pemudik tetap kondusif.

Namun, rekayasa one way maupun contra flow akan dilihat terlebih dahulu sepadat apa kendaraan yang akan kembali ke Jakarta. Untuk itu, Jasa Marga akan terus memantau kepadatan arus dalam 3 hari ke depan.

"Kami akan pantau yang sisa belum balik ini apakah mereka akan kembali dalam 3 hari ini atau enggak. Atau mungkin memang masih lama kembalinya," ungkap Desi, Senin (10/6/2019).

Desi menilai, arus balik susulan ini akan terjadi. Sebab, sampai saat ini masih terdapat sekitar 497.000 kendaraan yang belum kembali ke Jakarta.

Kendaraan tersebut berasal dari arah Jawa Timur maupun Jawa Tengah melalui Tol Trans-Jawa, dari arah selatan melalui Tol Jagorawi, dan dari arah barat.

"Yang kembali belum habis, masih ada sekitar 497.000 lagi. Dari timur maupun dari Jawa Tengah, dari arah selatan melalui Tol Jagorawi, maupun arah barat masih mungkin ada. Pantauan arus balik tetap kita lakukan," kata Desi.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat total 719.654 unit kendaraan sudah kembali ke Jakarta dari berbagai arah, yakni Timur, Barat dan arah Selatan selama H+1 hingga H+3 Lebaran 2019 atau pada Jumat-Minggu (7-9 Juni 2019) lalu.

Angka ini naik sebesar 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 429.944 kendaraan. Jumlah tersebut setara 59 persen dari total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 hingga H-7 arus balik Lebaran 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X