Kemenhub Bantah Kabar China Airlines Layani Penerbangan Jakarta-Makassar

Kompas.com - 13/06/2019, 20:32 WIB
Pesawat milik maskapai China Airlines. ShutterstockPesawat milik maskapai China Airlines.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di media sosial beredar kabar yang menyebutkan maskapai China Airlines sudah melayani rute penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Sultan Hasanudin, Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan membantahnya.

Menurut dia, maskapai asal negara Tirai Bambu itu hanya melayani penerbangan dari kota di China menuju ke Bandara Soekarno Hatta. Untuk penerbangan lanjutannya tetap dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia.

Sebab, Garuda Indonesia sebagai anggota Sky Team mempunyai kerja sama dengan China Airlines.

" Penerbangan dari rute internasional itu kerjasama dengan Garuda, itu kerjasama di domestiknya. Indonesia juga kerjasma dengan China, dia bisa memanfaatkan rute Garuda," ujar Hengki di Kemenhub, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

"Karena udah ada MoU dengan China Airlines, dia hanya bisa menjual market, tapi penerbangan domestik nasional itu (tetap dilayani) Garuda," sambungnya.

Hengki menjelaskan, hal tersebut wajar terjadi di industri penerbangan. Menurut dia hal itu merupakan business to business antar maskapai penerbangan.

"Itu adalah praktik yang lazim, itu sudah diumumkan oleh maskapainya, ada code sharing sekalian promosi kan," kata Hengki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X