Ingat, Jangan Kenakan 7 Jenis Busana Ini saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 26/06/2019, 12:59 WIB
Ilustrasi: wawancara kerja ShutterstockIlustrasi: wawancara kerja

NEW YORK, KOMPAS.com - Salah satu bagian yang mendebarkan saat melamar pekerjaan adalah mempersiapkan diri untuk wawancara dengan pihak perusahaan. Perlu diingat, busana yang Anda kenakan saat wawancara haruslah mencerminkan profesionalitas.

Anda tak perlu mengenakan busana yang sedang menjadi tren teranyar. Namun, busana yang Anda kenakan haruslah mengomunikasikan kepercayaan diri dan etos kerja yang baik.

"Hari-hari di mana harus mengenakan jas atau rok untuk wawancara kerja sudah berakhir," kata Marc Cenedella, CEO situs pencarian lowongan kerja Ladders seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (26/6/2019).

Cenedella menyarankan Anda menghubungi pihak perusahaan sebelum wawancara kerja atau tim HR untuk memperoleh informasi mengenai busana yang biasanya dikenakan pegawai di perusahaan itu.

Baca juga: Pentingkah Memperhatikan Penampilan ketika Wawancara Kerja?

Nah, berikut ini adalah 7 jenis busana yang sebaiknya tidak Anda kenakan untuk wawancara kerja.

1. Busana yang mudah kusut

Tidak bisa ditawar lagi, Anda harus menyeterika busana di malam hari sebelum wawancara kerja.

"Pastikan (busana Anda) bersih, tidak kusut, dan Anda merasa busana itu menampilkan sisi terbaik Anda. Sebab, orang-orang membuat asumsi tentang Anda sebelum Anda duduk di dalam ruangan dan mulai berbicara," ujar Betsy Aimee, produser konten digital tentang mode di tempat kerja dan kewirausahaan.

2. Busana yang tidak pas dan bernoda

Hindari mengenakan busana yang terlalu ketat, kebesaran, atau ada nodanya. Pasalnya, busana yang Anda kenakan saat wawancara kerja haruslah membuat kepercayaan diri Anda meningkat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X