Gajian Tiba, Ini Cara Perbaiki Kerusakan Konsumtif selama Lebaran

Kompas.com - 30/06/2019, 12:08 WIB
Ilustrasi kondisi keuangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi kondisi keuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit masyarakat yang lupa diri saat berbelanja di momen Lebaran. Efeknya, mereka tidak lagi punya tabungan dan mempunyai utang.

Nah, gajian pertama usai Lebaran telah tiba, ini waktunya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar bebas dari utang Lebaran.

Sebagian masyarakat sering kehilangan kendali mengontrol keuangan saat lebaran. Alhasil, dana tabungan mereka terkuras untuk memenuhi semua kebutuhan lebaran.

Bahkan, ada sebagian masyarakat yang menggunakan kartu kredit atau mengajukan pinjaman untuk membayar tagihan belanjaannya.

Alhasil, setelah momen lebaran berlalu mereka dibuat pusing. Pertama, mereka tidak lagi mempunyai dana simpanan alias tabungan. Kedua, mereka mempunyai utang yang harus dibayar.

Baca juga: Memulihkan Isi Dompet Usai Lebaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitri Agustina, Financial Planner One Shildt mengatakan tidak disarankan Anda menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan lebaran karena kebutuhan Anda tersebut bersifat konsumtif.

Kalau sudah telanjur, bagaimana lagi?   

Gajian pertama usai Lebaran sudah tiba, kini saatnya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar Anda tidak lagi dipusingkan utang dan simpanan yang terkuras habis kembali terisi.

1. Prioritaskan melunasi utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melunasi utang gara-gara pengeluaran Lebaran. Bila Anda tidak dapat melunasi seluruhnya dalam satu kali pembayaran.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.