Gandeng Fintech, Ralali.com Hadirkan Pinjaman Modal untuk UMKM

Kompas.com - 23/07/2019, 18:46 WIB
Ilustrasi pecahan rupiahshutterstock.com Ilustrasi pecahan rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com menghadirkan fasilitas pinjaman modal untuk usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM). Bahkan, pinjaman yang diberikan bisa sampai Rp 700 juta.

“Kami memastikan Sahabat Ralali.com yakni para UMKM yang melakukan transaksi dan datang ke platform Ralali.com akan menemukan segala kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha yang one stop solution," kata VP BIG Resto Ralali.com Herman Antono dalam keterangannya, Selasa (23/7/2019).

Herman menjelaskan, pihaknya kerap melakukan proses 020 (offline-to-online) guna merangkul UMKM, memberikan pengenalan langsung tentang Ralali.com pada pelaku UMKM yang berada di berbagai daerah sehingga mereka tepat memahami bahwa Ralali.com menawarkan solusi secara holistik bagi UMKM.

"Sementara untuk pencarian produk tetap dilakukan secara online. Kombinasi ini menghasilkan kepercayaan dari UMKM pada kami,” ujar Herman.

Baca juga: Lagi, OJK Imbau UMKM agar Tak Terjerat Pinjaman Online Bodong

Ia menyatakan, akses pendanaan modal UMKM akan digenjot demi keberlanjutan bisnis UMKM di Indonesia. Berbagai program dan inovasi dari Ralali.com menjadi visi untuk mewujudkan pemberdayaan satu juta UMKM Indonesia di tahun 2019.

Salah satu UMKM yang memanfaatkan fasilitas pendanaan modal ini adalah Ruma Catering. Usaha katering yang sudah berdiri sejak 2 tahun silam ini tengah memasuki proses persetujuan pinjaman modal dari penyelenggara industri keuangan berbasis teknologi (fintech) yang merupakan mitra resmi Ralali.com.

Modal pinjaman yang diajukan Ruma Catering pun cukup besar, yakni Rp 700 juta.

" Pinjaman dengan dana sebesar itu, rasanya sulit jika diajukan kepada pihak perbankan karena syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Dengan dibantu Ralali.com, pinjaman ini tentunya menjadi solusi yang sangat praktis dan inovatif buat pelaku UMKM seperti kami ini," ujar Anita dari tim Ruma Catering.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Keuangan, Visa Gandeng UMKM

Merujuk data Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70 persen dari total hampir 60 juta unit UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Padahal, UMKM menempati posisi penting dalam perekonomian Tanah Air.

Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pada 2018 kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,34 persen, serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02 persen dari total angkatan kerja yang bekerja.

OJK mencatat, minimnya penyaluran pembiayaan bagi UMKM lantaran kendala administratif, serta manajemen keuangan dan bisnis yang umumnya masih dikelola secara manual.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X