KILAS

Upaya Kemnaker Tingkatkan Kompetensi dan Kapasitas Para Trainer

Kompas.com - 10/09/2019, 11:05 WIB
Upgrading Trainer Terampil Berunding dalam Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Dok. Humas KemnakerUpgrading Trainer Terampil Berunding dalam Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

KOMPAS.com -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Persyaratan Kerja mengadakan kegiatan Upgrading Trainer Terampil Berunding dalam Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Haiyani Rumondang secara khusus pun membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Haiyani menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya mendorong peningkatan kompetensi dan kapasitas para trainer yang merupakan alumni dari Training of Trainers (TOT) Terampil Berunding Dalam Pembuatan PKB.

Baca juga: Gandeng Pertamina, Kemnaker Gencarkan Pelatihan Wirausaha Otomotif

Adapun terdapat sekitar 139 Trainer yang mengikuti kegiatan ini. Sekitar 96 Trainer berasal dari unsur Serikat Pekerja, 29 Trainer unsur Pengusaha, dan 14 Trainer unsur Pemerintah.

"Ke depan para trainers ini nantinya dapat memberikan pembinaan sekaligus supervisi kepada stakeholders khususnya mengenai perundingan dalam pembuatan PKB, baik di tingkat daerah maupun nasional", kata Haiyani.

Haiyani berpesan kepada para trainer agar memiliki konsep yang baru dalam melakukan pembinaan kepada stakeholders dan terus berupaya mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas pembuatan PKB.

Baca juga: Jawab Tantangan Industri 4.0, Kemnaker Keluarkan Berbagai Kebijakan

"Pekerjaan ini tidak lagi hanya bertumpu pada tanggung jawab pemerintah, namun sepatutnya menjadi pekerjaan bersama sebagai pelaku hubungan industrial baik unsur pekerja dan unsur pengusaha", Tegas Haiyani.

Haiyani juga berpesan ke depannya agar dalam setiap pembuatan PKB, tidak hanya fokus melihat pada tumbuhnya perusahaan yang terlibat, melainkan dampak dan kualitasnya juga harus diukur dan dikaji secara mendalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.