Teknologi Hanya Wahana, Apa Tujuan Sesungguhnya Habibie?

Kompas.com - 11/09/2019, 22:11 WIB
Presiden BJ. Habibie sambil menaiki mobil melambaikan tangan kepada warga seusai mencanangkan Gerakan Nasional Penanggulangan Masalah Pangan dan Gizi di Desa Marga Marga Mulya, Kec. Mauk,  Tangerang, Jawa Barat, Senin (2/8/1999). Kepala Negara yang disertai Ibu Hasri Ainun Habibie serta beberapa Menteri Kabinet Reformasi Pembangunan juga meninjau warga. ANTARA FOTO/ALI ANWARPresiden BJ. Habibie sambil menaiki mobil melambaikan tangan kepada warga seusai mencanangkan Gerakan Nasional Penanggulangan Masalah Pangan dan Gizi di Desa Marga Marga Mulya, Kec. Mauk, Tangerang, Jawa Barat, Senin (2/8/1999). Kepala Negara yang disertai Ibu Hasri Ainun Habibie serta beberapa Menteri Kabinet Reformasi Pembangunan juga meninjau warga.

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu dengan Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie? Selain Presiden ke-3 RI, Habibie juga dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

Jasanya terhadap kemajuan teknologi di Indonesia tak bisa dihitung. Namun, meski dikenal jenius di bidang teknologi, tujuan Habibie yang sejati bukanlah teknologi itu sendiri.

Penulis buku BJ Habibie: The Power Of Ideas, A. Makmur Makka sempat mengungkapkan bahwa ada hal lain yang lebih penting bagi Habibie.

Baca juga: BJ Habibie, Pendekatan Ajaib, dan Krisis Ekonomi 1998

Apa itu? Ya, sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Sebetulnya orang selalu salah tanggap bahwa beliau itu arahnya teknologi saja, bukan," ujarnya dalam peluncuran buku BJ Habibie: The Power Of Ideas di The Habibie Center, Jakarta, Oktober 2018 lalu.

Kata-kata Makka bukan tanpa dasar.  Ia sudah mendalami hidup dan pemikiran Habibie selama bertahun-tahun.

Bagi pecinta buku-buku tentang BJ Habibie, nama Makka bukanlah nama yang asing. Sebab ia adalah penulis yang banyak melahirkan buku-buku tentang Habibie.

Baca juga: BJ Habibie dan Susi Pudjiastuti, Sosok Paling Dikagumi di Indonesia Versi YouGov

Sebut saja Jejak Pemikiran BJ Habibie: Peradaban Teknologi untuk Kemandirian Bangsa, Biografi Bacharuddin Jusuf Babibie, hingga Habibie: Kecil Tapi Otak Semua.

Menurut Makka, teknologi bagi Habibie hanya wahana untuk mencapai tujuan utamanya yakni membangun SDM Indonesia yang unggul.

Dalam buku BJ Habibie: The Power Of Ideas, terungkap siapa Habibie sebenarnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X