Mulai Oktober, KA Bandara Bisa Dinaiki dari Stasiun Manggarai

Kompas.com - 23/09/2019, 11:53 WIB
Suasana KA Bandara, Jumat (9/2/2018), sehari setelah kembali beroperasinya KA Bandara. KOMPAS.com/ARDITO RAMADHAN D Suasana KA Bandara, Jumat (9/2/2018), sehari setelah kembali beroperasinya KA Bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Kereta Api Bandara di Manggarai, Jakarta sudah siap dioperasikan pada Oktober 2019. Dengan begitu, masyarakat yang ingin menggunakan KA Bandara sudah bisa menaikinya dari Stasiun Manggarai.

Selama ini KA Bandara hanya berhenti di Stasiun Manggarai tanpa melayani penumpang. 

Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu mengatakan, serangkaian pengujian prasarana di Stasiun KA Bandara telah dilakukan, dan dinyatakan siap untuk dioperasikan.

“Pengujian prasarana meliputi pengujian terhadap Gedung Utama Area KA Bandara dan Jembatan Penyeberangan Orang. Saat ini Railink sedang memasang petunjuk (signage) untuk memudahkan penumpang,” ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9/2019).

Baca juga: Tahun Depan, Railink Bidik 15.000 Penumpang KA Bandara

Sementara itu, Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Zamrides mengatakan, pihaknya telah melakukan uji keselamatan di lokasi tersebut. Hasilnya, hanya ada kesalahan minor yang perlu diperbaiki.

“Yang kurang hanya pemberian tanda identifikasi naik dan turun pada eskalator, dan juga pembersihan area jembatan penyeberangan orang,” kata Zamrides.

Pembangunan Stasiun KA Bandara di Manggarai, yang kontraknya dimulai Agustus 2015, merupakan bagian dari Paket A Pembangunan Double-Double Track (Jalur Dwi Ganda) Manggarai-Bekasi (Cikarang).

Pembangunan jalur dwiganda untuk meningkatkan kapasitas jalur kereta api dengan memisahkan antara mainline (kereta api jarak jauh dengan  kommuterline (krl).

Semula di Stasiun Manggarai terdapat 7 jalur aktif untuk melayani perjalanan Kereta Api dari 6 arah.

Baca juga: Menhub Usul Penumpang KRL Dialihkan ke KA Bandara, Ini Tanggapan Railink

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X