China Mau Impor Lebih Banyak Produk AS, Sinyal Positif Perang Dagang?

Kompas.com - 27/09/2019, 07:56 WIB
Ilustrasi perang dagang AS dan China. SHUTTERSTOCKIlustrasi perang dagang AS dan China.

NEW YORK, KOMPAS.com - Diplomat China mengatakan pemerintah setempat telah sepakat untuk membeli lebih banyak produk impor dari Amerika Serikat.

Selain itu, mereka juga mengatakan negosiasi dagang antara kedua negara akan menghasilkan jika kedua belah pihak mengambil langkah-langkah yang lebih progresif untuk menunjukkan itikad baik dan mengurangi bahasa-bahasa pesimistis dalam membahas sengketa perdagagan.

Dikutip dari Reuters, Jumat (27/9/2019), Menteri Luar Negeri sekaligus penasihat negara China Wang Yi mengatakan pemerintahan Presiden Trump telah menunjukkan itikad baik dengan menunda penerapan tarif dari berbagai produk impor asal Negeri Tirai Bambu itu.

"Dan juga, di sisi China, kami bersedia membeli lebih banyak produk yang dibutuhkan oleh pasar China," ujar Wang.

Baca juga: ADB: Perang Dagang Picu Ekonomi Asia Tumbuh Tipis Tahun 2020

"Kami berharap kedua belah pihak bisa mengambil langkah-langkah yang lebih baik, mengurangi bahasa dan aksi yang pesimistis. Jika kedua belah pihak melakukan ini, negosiasi tidak hanya akan berlanjut, tapi juga memberi lebih banyak hasil," ujar dia.

Amerika Serikat dan China tengah mempersiapkan negosiasi dagang tingkat tinggi pada awal Oktober di Washington untuk mencari jalan keluar dari perang dagang yang sudah terjadi hampir 15 bulan.

CNBC menyebutkan, negosiasi dijadwalkan pada 10-11 Oktober di Washington. Namun, pihak Perwakilan Perdagangan AS tidak merespon ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai tangga itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X