Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 6 Cara Tolak Tawaran Pekerjaan dengan Sopan

Kompas.com - 13/10/2019, 11:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Ada saatnya Anda memperoleh tawaran pekerjaan. Akan tetapi, sayangnya tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai untuk Anda, apapun alasannya.

Kalau sudah begini, mau tidak mau Anda harus menolak tawaran tersebut. Namun demikian, Anda juga perlu menolaknya dengan sopan dan baik-baik.

Nah, kadang sulit rasanya mengetahui bagaimana caranya menolak tawaran pekerjaan yang menurut Anda kurang sesuai. Apalagi Anda juga ingin menjaga nama baik Anda di depan perusahaan itu.

Baca juga: Catat, Kandidat dengan 3 Sifat Ini yang Dicari saat Wawancara Kerja

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (13/10/2019), berikut 6 cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan.

1. Langsung jawab

Jika Anda merasa tawaran pekerjaan ini tak sesuai untuk Anda, jangan tunda untuk langsungvm menjawab.

"Jangan main-main. Segera setelah Anda tahu Anda tidak akan mengambil pekerjaan ini, langsung beritahu pihak HRD perusahaan itu. Sopanlah, jangan basa-basi, dan jangan menunda," kata Jodi RR Smith, presiden Mannersmith Etiquette Consulting.

2. Angkat telepon

Ilustrasi menelepon.Androidandme.com Ilustrasi menelepon.

Seringkali tawaran pekerjaan dilakukan melalui telepon tanpa bertemu langsung. Jika memang Anda mau menolak pekerjaan itu, langsung angkat telepon.

"Ketika menolak tawaran pekerjaan, lakukan langsung juga dengan menelepon. Jika tak bisa tersambung dengan pihak HRD di hari yang sama, saya akan mengirim e-mail sehingga orang yang bersangkutan bisa langsung membaca dan menawarkan jawaban via telepon," ungkap Stephanie Dennis, seorang pakar karier.

Baca juga: Simak, 5 Pertanyaan Tersulit saat Wawancara Kerja dan Cara Jawabnya

3. Ucapkan terima kasih

Ketika menolak tawaran pekerjaan, jangan lupa tunjukkan apresiasi Anda kepada orang-orang yang mempertimbangkan talenta dan keterampilan Anda, sehingga Anda dinilai layak menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

"Banyak kandidat gagal mengucapkan terima kasih atas upaya tim HRD, sebagian besar karena mereka merasa merekalah yang melakukan semua upaya dalam memperoleh pekerjaan itu," tutur Fiona Arnold, direktud Red Crest Careers.

Menurut Arnold, menunjukkan rasa terima kasih kepada tim HRD karena mereka telah banyak membantu Anda akan membantu membina hubungan yang positif, bahkan jika Anda memberikan kabar buruk bahwa Anda menolak tawaran mereka.

4. Jangan berbohong

Ilustrasi wawancara Dok. Jobplanet Indonesia Ilustrasi wawancara

Tanpa Anda sadari, dunia profesional sangatlah sempit. Jikalau Anda berbohong ketika menolak tawaran pekerjaan, dampaknya bisa terasa di masa mendatang.

"Keharusan untuk jujur ini berlaku tidak hanya untuk cara Anda menolak tawaran pekerjaan tetapi juga segala sesuatu yang terkait," ucap Tasia Duske, CEO Museum Hack.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com