Kredivo Alami Kenaikan Pengguna di Usia Produktif

Kompas.com - 17/10/2019, 17:46 WIB
- --

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitech Peer-to-Peer(p2p) Lending, Kredivo mengalami peningkatan jumlah pengguna di usia 18-35 tahun.

Sebanyak 85 persen dari pengguna yang mendapatkan akses kredit pertamanya melalui Kredivo merupakan pengguna berusia produktif di rentang umur 18-35 tahun.  Selain itu, jumlah pengguna aktif Kredivo mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 126 persen year on year.

“Pergeseran perilaku dan preferensi konsumen keuangan menuju layanan digital dengan memanfaatkan penggunaan teknologi dan internet menjadi peluang bagi para pelaku industri fintech untuk turut mendorong inklusi keuangan di Indonesia," ucap Co-Founder & COO Kredivo Umang Rustagi lewat keterangannya Kamis (17/10/2019)

Saat ini tingkat penetrasi kartu kredit di Indonesia masih menjadi yang terendah di kawasan ASEAN dengan penetrasi diperkirakan berada di kisaran 2 persen, tergolong rendah dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai 20 persen dan Singapura 40 persen.

"Dalam hal ini, ekosistem keuangan digital menghadirkan solusi yang tidak terbatas pada ruang dan waktu, terutama dari aspek intermediasi dan distribusi layanan keuangan yang lebih efisien. Untuk itu, ke depan kami akan terus berinovasi untuk memberikan akses kredit yang terjangkau," ucap Umang.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan pada bulan Agustus 2019, jumlah penyaluran pinjaman yang dikucurkan oleh fintech mencapai 49,79 triliun rupiah atau meningkat 119,69 persen dibanding dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Selain itu, fintech lending juga telah memberikan kontribusi sebesar Rp 60 triliun atau setara dengan 4,5 miliar dolar AS terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X