Bill Gates: Pemerintah Perlu Lebih Serius Atur Perusahaan Teknologi

Kompas.com - 23/10/2019, 07:32 WIB
Ilustrasi aplikasi smartphone SHUTTERSTOCK Ilustrasi aplikasi smartphone

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft dan orang terkaya kedua dunia, Bill Gates mengatakan sudah waktunya bagi pemerintah dunia untuk turun tangan dan mengatur perusahaan- perusahaan teknologi besar.

Raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Amazon, bahkan e-commerce lain dan perusahaan ride hailing sekalipun memberikan begitu banyak pengaruh atas budaya dan ekonomi di kehidupan sehari-hari pengguna.

Hal itu penting bagi pemerintah untuk terlibat dan mengetahui pasti bagaimana perusahaan-perusahaan utu menangani masalah penting, seperti privasi dan serangan cyber.

“Teknologi telah jadi sangat sentral sehingga pemerintah harus berpikir. Jadi, ya, pemerintah perlu terlibat," kata Bill Gates dikutip CNBC, Rabu (23/10/2019).

Baca juga : Manfaatkan Teknologi, Bangun Usaha Rintisan Kian Mudah

Gates berkata demikian karena banyak startup yang telah terguncang oleh skandal privasi.

Bahkan perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya (termasuk Microsoft) telah diguncang oleh serangkaian skandal privasi dalam beberapa tahun terakhir, yang memengaruhi jutaan informasi pribadi pengguna.

Bukan tidak mungkin, skandal privasi akan terus meluas.

"Harus ada lebih banyak regulasi di sektor teknologi, hal-hal seperti privasi harus ada (regulasi) di beberapa titik, regulasi federal yang terkait dengan itu," kata Gates.

Selain itu, makin banyak orang mendapatkan informasi secara online. Mendapat informasi dari online memungkinkan seseorang mendapat informasi yang salah.

Hal tersebut juga memicu kekhawatiran dari regulator apakah perusahaan teknologi mampu mengambil tindakan pencegahan yang cukup untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah itu.

Gates adalah salah seorang yang percaya peraturan pemerintah bisa membantu memastikan informasi yang tersebar di media sosial itu dapat dipercaya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X