Rahasia di Balik Gaji CEO yang Nominalnya Bikin Iri

Kompas.com - 07/11/2019, 08:45 WIB
CEO Microsoft Satya Nadella saat berbicara di Microsoft Developer Festival di Jakarta, Kamis (26/5/2016) Oik Yusuf/Kompas.comCEO Microsoft Satya Nadella saat berbicara di Microsoft Developer Festival di Jakarta, Kamis (26/5/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com – Para CEO dunia yang berkerja di perusahaan besar seperti Microsoft, Disney, Google atau Facebook memiliki gaji yang sangat tinggi dan kompetitif.

CEO Microsoft Satya Nadella yang tahun ini mendapat kenaikan gaji 66 persen, mendapatkan total kompensasinya mencapai hampir 43 juta Dollar AS.

Abigail Disney, seorang pewaris kekayaan Disney, juga secara terbuka mengkritik pembayaran 66 juta Dollar AS yang diberikan kepada CEO Disney Bob Iger, yang lebih dari 1.000 kali gaji rata-rata karyawan Disney.

Tahun 2018, total kompensasi rata-rata untuk CEO saham yang masuk dalam indeks S&P 500 naik 4 persen menjadi 12,3 juta dollar AS, menurut angka terbaru dari Conference Board.

CEO papan atas dari grup itu dibayar lebih dari 22 juta Dollar AS, sementara mereka yang di kelas bawah dibayar sekitar 6 juta dollar AS.

Baca juga : Gara-gara B737 Max, CEO Boeing Terancam Tak Dapat Bonus Tahunan

Lalu mengapa para CEO ini mendapatkan gaji yang tinggi dan berlipat ganda dari karyawan-karyawannya ?

Melansir CNN, Kamis (7/11/2019), salah satu pertimbangan utama yang menentukan nilai gaji CEO adalah standar rata-rata yang dibayar perusahaan lain.

Robin Ferracone seorang CEO Farient Advisors dari perusahaan konsultan kompensasi eksekutif menyebut ada tingkatan CEO yang berkaitan dengan standar gaji yang diterima.

Tahapan Perolehan Gaji

Misalkan, jika seorang kandidat akan menjadi CEO pertama kali, biasanya akan dibayar sesuai dengan tingkatannya, yakni tingkat bawah.

“Jika Anda memulainya tanpa pengalamn menjadi CEO, maka Anda akan dibayar dengan harga murah dan setiap perusahaan memiliki standar gaji CEO mereka,” kata Ferracone.

David Swinford, CEO perusahaan konsultan kompensasi eksekutif Pearl Meyer mengatakan bahwa CEO yang berpengalaman dan terbukti melakukan banyak terobosan, memiliki kemungkinan besar mendapatkan gaji yang tinggi di atas rata-rata.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X