Sri Mulyani: Pendanaan Infrastruktur Tak Perlu Tunggu Transfer APBN

Kompas.com - 28/11/2019, 11:52 WIB
Kemenkeu, Sri Mulyani, sebelum pelantikan kabinet Jokowi di Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.com/Kristianto PurnomoKemenkeu, Sri Mulyani, sebelum pelantikan kabinet Jokowi di Jakarta, Rabu (23/10/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrayati mengimbau agar pemerintah daerah tak perlu menunggu transfer dana Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara ( APBN) dari pusat.

Menurutnya, untuk mempercepat pembangunan, pemnanfaatan instrumen fiskal bisa dilakukan oleh Pemda.

"Pemda bisa memobilisasi sumber pembiayaan yang berasal tidak melulu dari APBN yakni menunggu transfer dari pusat. Namun sebenarnya mereka bisa melakukan banyak aktivitas yang lain melalui sumber dana," ungkap Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Sri Mulyani menjelaskan, pemanfaatan fiskal bisa dilakukan untuk mendorong Pemda merealisasikan pembangunannya.

Baca juga: Sri Mulyani: Kalau Ketemu Saya Minta Duit Melulu, Jangan...

Ia mencontohkan, PT Sarana Multi Infrastruktur sebagai salah satu Special Mission Vehicles Kementerian Keuangan (SMV Kemenkeu) bisa memobilisasi dan menstrukturkan sebuah proyek sehingga bisa menghasilkan sumber daya yang berasan dari Non APBN.

"Kita akan dukung baik melalui APBN yang di transfer ke daerah ataupun melalui vehicle yaitu PT SMI," kata Sri Mulyani.

Sistem pembiayaan ini dinilai mampu mempercepat program percepatan pembangunan yang dicanangkan pemerintah. Dengan kerja sama ini, maka daerah-daerah bisa fokus pada pembangunannya tanpa perlu menunggu bantuan pusat.

"Dengan insentif yang diberikan kepada daerah, mereka bisa fokus pada tujuan-tujuan dari indikator yang ingin dicapai seperti pengurangan kemiskinan, stunting dan lain-lain," jelasnya.

Selanjutnya, Sri Mulyani berharap Pemda memiliki pemahaman mengenai sumber dana serta perencanaan yang baik dari awal. Misalnya, edukasi kepada kepala daerah dalam membuat perencanaan teknikal.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X