Pekerjaan Terkait Artificial Intelligence Tawarkan Gaji hingga Rp 1,9 Miliar Per Tahun

Kompas.com - 12/12/2019, 07:58 WIB
Ilustrasi ahli IT iStockphoto/scyther5Ilustrasi ahli IT

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Pekerjaan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) berkembang pesat dengan pertumbuhan 74 persen per tahun.

Laporan Emerging Jobs LinkedIn 2020 menyebutkan, di Amerika Serikat, spesialis AI sebagai pekerjaan yang mengalami pertumbuhan paling pesat dalam lima tahun terakhir.

Melansir CNBC, Kamis (12/12/2019), pekerjaan-pekerjaan tersebut rata-rata menawarkan gaji 136.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar per tahun.

Hal ini karena otomatisasi telah mengubah cara orang hidup dan bekerja orang setiap harinya. Sehingga, pekerjaan dengan kecerdasan buatan terbukti menjadi peluang karier terbesar di zaman ini.

Baca juga: Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Anda Si Pendiam

Kecerdasan buatan adalah bagian dari otomatisasi dan mengacu pada mesin yang menganalisis berdasarkan penilaian dan logika guna menyelesaikan tugas yang memerlukan perencanaan, penalaran, pemecahan masalah, dan prediksi.

Para spesialis AI cenderung bekerja di industri teknologi, tetapi banyak juga yang bekerja di sekolah tinggi sebagai pengajar.

Beberapa pekerja AI juga umumnya mempelajari keterampilan AI secara online, yang mengarah pada pertumbuhan cepat dalam industri e-learning. Sebagai hasilnya, platform pembelajaran online mempekerjakan ahli AI untuk mengajar siswa mereka.

"Kecerdasan buatan mengharuskan seluruh tenaga kerja untuk mempelajari keterampilan baru, apakah itu tetap up to date dengan peran yang ada, atau mengejar karier baru sebagai hasil dari otomatisasi," kata Guy Berger, ekonom utama LinkedIn.

 Baca juga: McDonald's Caplok Startup Teknologi AI, Buat Apa?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X