Edhy Prabowo Bakal Perpanjang Masa Tugas Satgas 115 Bentukan Susi?

Kompas.com - 30/12/2019, 19:27 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo Dok. KKPMenteri KKP Edhy Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebut keberlangsungan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Ilegal atau Satgas 115 tak berakhir tahun ini.

Padahal, masa tugas Satgas 115 yang dibentuk oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti ini akan berakhir pada 31 Desember 2019.

"Satgas belum selesai, satgas itu kan dibentuk presiden, dan satgas ya tetap ada. Makanya kita tetap melakukan (pantauan illegal fishing)," kata Edhy di Gedung Mina Bahari III KKP, Gambir Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Akhir Nasib Satgas 115, Tim Pemburu Kapal Maling Ikan Bentukan Susi

Satgas 115 dibentuk melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 115 Tahun 2015. Tugas Satgas antara lain mengembangkan dan melaksanakan penegakan hukum dalam pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal melalui koordinasi lintas instansi.

"Satgas itu kan dibentuk untuk kordinasi. Saya tidak ada masalah dengan siapa-siapa, dan selama ini Satgas bergerak atas perintah siapa? Kan Angkatan Laut, Bakamla dan PSDKP, ya sudah sejalan," tegas Edhy.

Edhy juga meyakinkan, tim Satgas 115 tidak berubah. Bahkan ia meyakini hingga saat ini Satgas 115 masih menjalani fungsinya dengan baik sebgaimana seharusnya.

"Timnya enggak berubah kok. Saya pikir tidak ada yang berubah, penanganan terhadap pelanggaran ilegal fishing tetap kita lawan. Kan selama ini mereka (penangkap ikan ilegal) kita tangkap, mau di tangkap enggak lari kok. Kalau lari, kita tembak baru tenggelam disitu," tegas Edhy.

Baca juga: Tugas Satgas 115 Akan Berakhir 2 Pekan Lagi, Bagaimana Kelanjutannya?

Adapun unsur-unsur Satgas 115 meliputi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Kepolisian, Kejaksaan Agung, dan Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Selama 2015-2019, Satgas 115 yang berhasil melakukan sejumlah terobosan dalam pemberantasan perikanan ilegal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X