Dukung Moto GP, PLN Pastikan Listrik di Kawasan Mandalika Tidak "Byar Pet"

Kompas.com - 17/01/2020, 16:58 WIB
Kawasan pariwisata Kuta Mandalika di Nusa Tenggara Barat Dok. Bina MargaKawasan pariwisata Kuta Mandalika di Nusa Tenggara Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pasokan listrik di kawasan Mandalika aman demi pelaksanaan Moto GP 2021. Bahkan, PLN tengah menambah kapasitas gardu distribusi di kawasan tersebut sebesar 60 megawatt (MW).

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penambahan daya dilakukan untuk mengantisipasi byar pet atau mati listrik di kawasan tersebut.

"Kami mendapat laporan bulan lalu (di Mandalika) listriknya byar pet," ujarnya, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Darmawan menjelaskan daya mampu di kawasan Lombok sebesar 290 MW. Angka ini jauh lebih tinggi dari beban puncak di kawasan tersebut yang mencapai 243-250 MW.

Namun, apabila salah satu gardu distribusi sedang mengalami perbaikan atau padam, maka daya mampu akan turun menjadi 250 MW.

"Jadi pasokannya waktu itu turun jadi 250 mw, sedangkan beban puncaknya 243-250 mw. Begitu beban puncak jam 7 malam jeder, kelenger," kata Darmawan.

Baca juga: PLN: Mobil Bensin 10 Km Biayanya Rp 9.500, Kalau Pakai Listrik Rp 3.000

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut kembali terjadi, PLN tengah melakukan penambahan kapasitas gardu sebesar 60 MW. Sehingga total daya mampu listrik di kawasan Lombok menjadi 350 MW.

"Ditambah lagi ada 30 MW micro hydro power yang nanti khusus kita swap dan kita alirkan ke Moto GP sehingga jadi green power," ucapnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X