Masyarakat Labuhanbatu Didorong Kembangkan Produk Lokal Andalan

Kompas.com - 18/01/2020, 19:48 WIB
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu, Dompet Dhuafa Waspada hadirkan progra. UMKM Berdaya Snack Olle. Program tersebut bergulir dengan memanfaatkan ikan lele sebagai olahan jajanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dompet DhuafaUntuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu, Dompet Dhuafa Waspada hadirkan progra. UMKM Berdaya Snack Olle. Program tersebut bergulir dengan memanfaatkan ikan lele sebagai olahan jajanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa Waspada resmikan program Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) berdaya "Snack Olle", yakni jajanan berbahan dasar Ikan Lele.

Peresmian tersebut digelar bersamaan dengan pelatihan, yang dilaksanakan secara bergiliran selama tiga hari di tiga lokasi di Kabupaten Labuhanbatu.

Ketiga lokasi tersebut adalah Kelurahan Ujung Bandar, Desa Tebing Linggahara, dan Desa Gunung Selamet.

Manajer Program Dompet Dhuafa Waspada Halimah Tusa'dyah mengatakan, melalui program tersebut masyarakat diharapkan mampu mengoptimalkan produk- produk lokal.

Baca juga: Dompet Dhuafa Sambut 2020 dengan Semangat #BeraniBerbagi

“Selama ini usahanya menjual ikan lelenya. Ke depannya kami ingin masyarakat di sini bisa membuat usaha oleh-oleh khas daerah berupa kerupuk, abon atau kue dari ikan lele,” kata Halimah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/1/2020).

Halimah menjelaskan program tesebut akan terus berlanjut melihat keseriusan peserta.

“Jadi nantinya pelatihan ada dua puluh lima peserta dan tiga bulan ke depan kita lihat perkembangannya," ujarnya. 

Dari dua puluh lima peserta itu, lanjut Halimah, yang serius hanya sepuluh orang. Kesepuluh orang tersebut kemudian akan dibantu kegiatan usahanya.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan Irian Supermarket Beri Beasiswa kepada Anak Dhuafa

Farida Hanum, salah satu penerima manfaat dari Kelurahan Ujung Bandar mengatakan  program tersebut baru pertama kali diadakan di daerahnya.

Ia pun tertarik untuk belajar dan membuka usaha.

“Saya inginnya buka usaha setelah ini, bersama kawan kelompok. Sehingga bisa menambah penghasilan untuk keseharian,” terangnya.

Peresmian program tersebut dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga.

Baca juga: Dompet Dhuafa Gandeng Milenial Kembangkan Peternakan Kambing

Selain itu hadir Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, Sekretaris Camat Bilah Barat M. Noor Putra, Sekretaris Camat Bilah Hulu Karminah, Lurah Ujung Bandar Yussarleni Pohan, Sekdes Gunung Selamet Ramilahati, dan perwakilan PKK Kabupaten Labuhanbatu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X