Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Minuman Boba dengan Rp 8 Juta, 2 Bulan Bisa Balik Modal

Kompas.com - 25/01/2020, 18:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuan usaha minuman boba kekinian semakin melejit di Indonesia.

Para pemain dan pelaku usaha bisnis boba pun kian banyak bermunculan karena tergiur keuntungan yang besar. Salah satunya adalah Xinaide Boba asal Bandung, Jawa Barat.

Sejatinya, minuman menggunakan bola-bola tapioka ini memang sudah sejak lama dikenal di Indonesia. Namun saat ini, minuman ini semakin di buru oleh masyarakat karena aneka brand dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Baca juga: Peluang Bisnis Waralaba Minuman Boba Menjanjikan

Apalagi menu yang sangat populer saat ini adalah Fresh Milk Boba yang dipadukan dengan gula aren cair.

Melihat permintaan dan pasar yang masih cukup tinggi saat ini, Mochamad Ichsan pemilik Xinaide Boba pun mengambil kesempatan tersebut untuk membuka minuman tersebut.

"Saya menilai, minuman boba kekinian yang baru muncul di indonesia pada awal tahun 2019 menjadikan minuman ini sangat populer di kalangan luas sehingga peluang usaha dari bisnis minuman pun sangat berpotensi," kata Ichsan kepada KONTAN, Minggu (19/1/2020).

Sejak menawarkan kemitraan pada pertengahan tahun 2018, hingga saat ini Xinaide Boba sudah punya tiga gerai pribadi berlokasi di Bandung.

Sedangkan untuk gerai mitra totalnya ada 15 gerai yang sudah tersebar di Purwakarta, Bali, Batam, Lombok, Pekanbaru, Bogor dan lokasi lainnya.

Baca juga: Mencicipi Segarnya Bisnis Minuman Kekinian

Sejak usaha ini berdiri, Ichsan mengaku langsung menawarkan paket kemitraan kepada masyarakat yang tertarik menjalankan usaha ini. Hanya ada satu paket kemitraan yang ditawarkan yakni senilai Rp 8 juta.

Dengan modal tersebut, mitra akan mendapatkan fasilitas lengkap meliputi peralatan, perlengkapan, bahan baku awal untuk sebanyak 500 cup, booth, X-Banner, dan marketing atau pemasaran.

Bagi mitra yang akan bergabung, mereka juga perlu memasok bahan baku wajib yang meliputi boba, varian rasa, dan cup atau gelas kemasan ke pusat.

"Kemitraan yang kami tawarkan ini bebas biaya royalti, jadi 100 persen milik mitra," jelasnya.

Xinaide Boba juga menawarkan tujuh varian menu yang meliputi Brown Sugar Boba Fresh Milk, Salted Caramel Boba Fresh Milk, Matcha Boba Fresh Milk, Red Velvet Boba Fresh Milk, Chocolate Boba Fresh Milk, Lemon Tea Machiato, dan Brown Sugar Boba Milk Tea. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 13.000 sampai dengan Rp 15.000 per cup.

Baca juga: Bisnis Minuman Pelancar ASI, Ibu Senang, Bayi Sehat, Kantong Tebal

Dari menu-menu tersebut, Ichsan memprediksi mitra bisa balik modal hanya dalam waktu 2 bulan. Rincian perhitungannya adalah mitra harus menjual sebanyak 40 cup per hari atau dengan omzet Rp 18 juta dalam sebulan.

"Berdasarkan prediksi balik modalnya 2 bulan saja," tambahnya.

Meski bisnis minuman seperti ini sudah bertebaran di mana-mana, tapi Ichsan tetap optimis mampu bersaing dengan pemain lain, apalagi pasar bisnis ini cukup besar. (Venny Suryanto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Laba segar bisnis minuman boba tidak pernah kering

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com