Kompas.com - 31/01/2020, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menemukan 36 kasus penyebaran informasi tidak benar atau hoaks mengenai Novel Coronavirus hingga saat ini. Oleh karena itu, pemerintah meminta kepada masyarakat agar berhenti menyebarkan hoaks.

"Ada 36 hoaks corona. Total akumulasi sampai sekarang. Stoplah!," kata Menkominfo, Jhonny G Plate ditemui di Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Jhonny menambahkan, hoaks tersebut masih dalam pengawasan pemerintah. Pihaknya akan terus mengedukasi kepada masyarakat agar tak terjebak oleh penyebaran informasi yang tak benar.

"Kita monitor. Kita menjelaskan mana hoaks, mana informasi yang benar," ucapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam menyerap informasi. Untuk mengetahui informasi terkait virus Corona bisa melihat langsung website Kementerian Kesehatan.

"Sekarang yang perlu disampaikan stop itu. Kasih tahu masyarakat jangan ikut hoaks. Mengacu saja kepada keterangan resmi pemerintah," ujarnya.

Virus Corona pertama kali diidentifikasi berasal dari Kota Wuhan, China. Adapun virus yang disebut mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) ini telah menjangkiti 9.816 orang pada hari ini. Banyaknya korban meninggal dunia juga meningkat menjadi 213 orang.

Virus ini juga telah merebak ke 12 negara di berbagai benua. Hingga Jumat (31/1/2020) siang, setidaknya 21 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus virus 2019-nCoV di wilayahnya. Negara yang baru saja mengonfirmasi penemuan kasus virus ini yaitu Italia, Filipina, dan India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.