Pegawai di 3 Negara Ini Paling Pede Soal Karier, Salah Satunya Indonesia

Kompas.com - 12/02/2020, 12:46 WIB
Ilustrasi karier hobo_018Ilustrasi karier

 

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah studi terbaru yang dilakukan LinkedIn menunjukkan, pegawai di India, Indonesia, dan China lebih optimistis terhadap prospek karier mereka.

Ini bila dibandingkan dengan para pegawai di negara-negara lainnya.

Dilansir dari CNBC, Rabu (12/2/2020), level optimisme jauh lebih tinggi di tiga negara berkembang utama Asia tersebut dibandingkan negara-negara pasar kerja utama dunia, seperti AS, Kanada, Jerman, dan Inggris.

Untuk melakukan studinya, LinkedIn mensurvei lebih dari 30.000 pegawai berusia 18 hingga 65 tahun di 22 negara.

Baca juga: Dokter, Guru, hingga Arsitek Masih Jadi Pilihan Karier Pelajar SMA Dunia

Survei tersebut dikumpulkan dan diolah menjadi LinkedIn Opportunity Index, yang mencari garis tengah antara tantangan dan peluang yang memengaruhi tenaga kerja.

LinkedIn mengukur 7 metrik optimisme, termasuk persepsi responden terkait kondisi ekonomi dalam 12 bulan ke depan, situasi keuangan, dan kualitas hidup dibandingkan generasi orang tua mereka.

Hasilnya, India berada pada peringkat teratas dengan skor 121, melampaui rata-rata skor global yakni 100. Kemudian disusul oleh Indonesia dan China yang masing-masing mencatat skor 117 dan 116.

Ketiga negara tersebut mencatat skor tertinggi lantaran tingginya optimisme terhadap prospek ekonomi dan tumbuhnya pasar tenaga kerja.

Dalam studi itu ditemukan pula, 50 persen responden Gen Z dan 48 persen responden milenial di India, Indonesia, dan China mengaku mengekspektasikan kondisi ekonomi negara mereka akan membaik dalam 12 bulan mendatang. Kondisi ini pun akhirnya meningkatkan prospek kerja.

Baca juga: Agar Karier Lebih Moncer di 2020, Simak 5 Tips Ini

Optimisme itu juga merefleksikan outlook ekonomi yang positif bagi kawasan Asia Pasifik. Kawasan ini diprediksi bakal melampaui seluruh kawasan lain di dunia dalam hal pertumbuhan ekonomi, meski China dan India mengalami perlambatan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X