Garuda Indonesia Siap Jemput Jemaah Umrah yang Masih di Arab Saudi

Kompas.com - 27/02/2020, 15:44 WIB
Ilustrasi ShuterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengaku maskapainya siap menjemput jemaah umrah asal Indonesia yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

Saat ini, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

“Garuda tetap komit bawa pulang (jemaah umrah), jadi kita akan pergi (dengan pesawat) kosong dan bawa pulang (para jemaah),” ujar Irfan di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Garuda Indonesia Tunggu Keputusan Pemerintah Terkait Penerbangan Umrah

Irfan menambahkan, pemerintah telah berkomunikasi dengan pemerintab Arab Saudi mengenai cara pemulangan jemaah asal Indonesia itu.

“Tapi kelihatannya ini cukup membingungkan, pengumuman pagi hari, tapi langsung efektif berlaku,” kata Irfan.

Irfan menjelaskan, hari ini maskapainya tetap melayani penerbangan untuk umrah. Namun, begitu jemaah tiba di Bandara Soekarno Hatta, mereka dilarang untuk melanjutkan penerbangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tapi saya barusan dapat info, ditolak berangkat. Jadi sudah antre di check-in counter, tapi dinyatakan enggak boleh berangkat,” ucap dia.

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Bagaimana Nasib Jemaah yang Sudah Setor Dana?

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Disebut pula, otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah Negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.