Imbas Virus Corona, Lufthansa Batalkan 7.100 Penerbangan

Kompas.com - 06/03/2020, 14:04 WIB
Lufthansa. Gulf NewsLufthansa.

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa melarang terbang armada pesawatnya dan membatalkan ribuan penerbangan.

Hal ini sejalan dengan menyebarnya virus corona di kawasan Eropa.

Dilansir dari CNN, Jumat (6/3/2020), Lufthansa menyatakan membatalkan 7.100 penerbangan di kawasan Eropa untuk bulan Maret 2020 ini. Sebagian besar penerbangan yang dibatalkan adalah di dalam wilayah Jerman atau ke Italia.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Maskapai Penerbangan di Dunia Berisiko Rugi Rp 1.582 Triliun

Angka tersebut setara dengan 25 persen kapasitas maskapai tersebut.

Adapun Reuters mewartakan, Lufthansa juga akan membatalkan seluruh penerbangannya ke Israel mulai Minggu (8/3/2020) hingga 28 Maret 2020 mendatang.

Pada Rabu (6/3/2020) lalu, Israel mewajibkan seluruh penumpang yang tiba dari Jerman, Perancis, Spanyol, Austria, dan Swiss untuk langsung menuju ke fasilitas karantina. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warga negara dari negara-negara tersebut tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Israel kecuali telah menunjukkan bukti bahwa mereka sudah terjadwal untuk masuk ke karantina.

Baca juga: Banyak Penerbangan Ditangguhkan akibat Corona, Maskapai Asal Inggris Bangkrut

Para investor pun dalam beberapa pekan ini telah meninggalkan saham-saham maskapai. Saham United Airlines, misalnya, telah anjlok 32 persen sepanjang tahun ini.

Sementara itu, saham Lufthansa ambrol 29 persen sejak awal tahun 2020.

Sebelumnya, pada awal pekan ini Lufthansa menyatakan bakal melakukan grounding atau larangan terbang terhadap 150 unit pesawat dalam jajaran armadanya.

"Para penumpang yang sudah menyerahkan detail kontak kepada Lufthansa akan diinformasikan terkait pembatalan penerbangan," ujar Lufthansa dalam keterangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.