Melemah ke Rp 14.490 Per Dollar AS, Kurs Tengah BI Cetak Level Terendah 10 Bulan

Kompas.com - 12/03/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi
KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) Kamis (12/3/2020), mencatatkan rekor terburuknya dalam 10 bulan.

rupiah pada kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di level Rp 14.490 per dollar Amerika Serikat (AS).

Hal itu membuat mata uang Garuda melemah 1,16 persen dibanding hari sebelumnya yang ada di level Rp 14.323 per dollar AS. Posisi ini merupakan level terendah rupiah terhadap dollar AS sejak akhir 23 Mei 2019 lalu.

Kala itu, level rupiah di kurs tengah BI berada di Rp 14.513 per dollar AS.

Baca juga: Rupiah Dibuka Melanjutkan Pelemahan Kemarin

Sementara di pasar spot pun pergerakan rupiah tak jauh berbeda. Mengutip Bloomberg, pukul 11.08 WIB, rupiah spot 0,75 persen ke posisi Rp 14.483 per dollar AS.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia ini pun berada di zona merah, dengan peso Filipina menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam setelah turun 0,93 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengikuti di belakangnya adalah won Korea Selatan yang terdepresiasi 0,87 persen. Dilanjutkan oleh ringgit Malaysia dan baht Thailand yang masing-masing turun 0,50 persen dan 0,34 persen.

Baca juga: Dampak Virus Corona Masih Bebani Pergerakan Rupiah di Sesi Penutupan

Sedangkan itu, yen Jepang menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi setelah naik 1,03 persen terhadap the greenback (sebutan bagi dollar AS).

Pelemahan pada mata uang di kawasan ini sejalan dengan bursa Asia yang juga memerah.

Penyebabnya, larangan berpergian ke Eropa yang disampaikan Presiden AS Donald Trump membuat pasar semakin khawatir terhadap perekonomian global. Ini membuat investor pun lari dari aset berisiko dan mengincar safe haven. (Anna Suci Perwitasari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Rupiah di kurs tengah BI cetak rekor terburuk sejak Mei 2019 setelah ke Rp 14.490

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.