Pasar Bergejolak, Ini Tips Menyusun Portofolio Investasi Anda

Kompas.com - 12/03/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi investasi. Dok. Bank DBSIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pasar keuangan kian panas, investor disarankan untuk tetap fokus pada tujuan investasinya. 

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, saat kondisi pasar seperti saat ini, investor perlu kembali pada tujuan mereka.

Untuk mereka yang berniat berinvestasi di jangka panjang, justru saat ini bisa mendapatkan aset lebih banyak dengan harga saham yang sudah terdiskon cukup dalam.

"Sedangkan yang ingin berinvestasi di jangka menengah pendek, sekarang harus tahan dulu jangan ke saham lagi, tapi bisa ke obligasi, cash, atau emas," ucap Eko seperti dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Harga Minyak dan IHSG Merosot, Investasi Apa yang Cocok?

Eko menyarankan, investor yang memiliki profil risiko agresif sebaiknya menambah portofolio sahamnya menjadi 70 persen, dengan 20 persen ditempatkan pada aset jangka menengah seperti obligasi, dan sisanya 10 persen bisa berupa tunai.

"Bagi yang mau masuk, bisa pilih saham-saham blue chip lebih dulu, selagi harganya murah. Meskipun saham kapitalisasi menengah banyak yang murah, tapi blue chip akan lebih dulu naik," sebutnya.

Sementara untuk investor yang memiliki profil risiko konservatif bisa menempatkan 30 persen portofolionya pada aset jangka pendek menengah seperti obligasi, emas dan pendapatan tetap, 30 persen lagi bisa dialokasikan pada tunai, dan sisanya 40 persen bisa ditempatkan pada aset jangka panjang seperti saham.

Baca juga: Bappebti Blokir 23 Situs Trading Investasi Ilegal

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X