Aksi Jual Mereda, Wall Street Dibuka Menghijau

Kompas.com - 17/03/2020, 21:43 WIB
Ilustrasi New York Stock Exchange Thinkstockphotos.comIlustrasi New York Stock Exchange

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melorot dalam di awal pekan, Wall Street bergerak tipis di awal perdagangan Selasa (17/3/2020). Pada pukul 21.10 WIB, Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,07 persen ke 20.100.

Indeks S&P 500 menguat 0,10 persen ke 2.388. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,21 persen ke 6.918. Sementara yield US Treasury bertenor 10 tahun naik ke 0,791 persen.

Aksi jual pasar saham Amerika Serikat (AS) yang mulai mereda ini ditopang oleh rencana lebih banyak stimulus fiskal untuk menghadapi virus corona.

"Saya pikir semua setuju kalau stimulus fiskal dan moneter tidak menghentikan virus, tapi setidaknya ini akan mengurangi tekanan," kata Azad Zangana, senior European economist and strategist Schroders kepada Reuters.

Baca juga: Indeks Terus Terpuruk, Bursa Hentikan Perdagangan Saham

Zangana menambahkan bahwa pasar saat ini sangat murah. "Masalah besarnya adalah momentum dan keyakinan pasar secara umum," kata dia.

Kemarin, kapitalisasi S&P 500 hangus 2,7 triliun dollar AS setelah indeks saham ini mencatat penurunan paling dalam ketiga dalam sejarah. Dalam 18 hari, indeks acuan ini kehilangan kapitalisasi 8,3 triliun dollar AS.

"Fokus pasar berpihak ke respons fiskal terhadap virus corona. Pasar saat ini terkunci dalam pola naik dan kemudian melanjutkan penurunan," kata Junichi Ishikawa, senior FX strategist IG Securities.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Wall Street bergerak tipis setelah ambyar di awal pekan



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X