Rupiah Hari Ini Bergerak Stabil, Ini Penjelasan BI

Kompas.com - 24/03/2020, 18:07 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah di pasar spot terpantau menguat terhadap dollar AS. Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah menguat 75 poin atau 0,45 persen menjadi Rp 16.500 dibandingkan penutupan perdagangan di hari sebelumnya yang sebesar Rp 16.575 per dollar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan, pergerakan nilai tukar yang cenderung stabil lantaran transaksi tawar-menawar di pasar valas berjalan dengan lancar.

"Perkembangan nilai tukar rupiah pada hari ini cukup stabil. Kami juga melihat bagaimana beat sama over permintaan maupun penawaran itu berjalan secara baik di pasar valas," ujar dia di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Rupiah Menguat, Tapi Masih di Atas Rp 16.000 Per Dollar AS

"Terima kasih kepada para eksportir yang sudah kemudian memasok dollarnya ke pasar valas hingga hari ini nilai tukar bergerak stabil di pasar valas," lanjut dia.

Perry pun memastikan, bank sentral akan terus berada di pasar dan memantau serta mengintervensi pasar untuk stabilisasi nilai tukar. Intervensi tersebut bakal dilakukan baik di pasar spot melalui DNDF maupun pasar sekunder dengan pembelian SBN.

"Sebagaimana kita ketahui, sejauh ini selama tahun ini BI sudah membeli SBN dari pasar sekunder sebesar Rp 168,2 triliun ini adalah SBN yang memang dilepas oleh asing," kata Perry.

Selain itu, Perry pun memastikan cadangan devisa saat ini dari cukup untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah bagaimana kemudian ke depan berupaya agar menjaga kecukupan cadev dalam rangka menstabilkan nilai tukar rupiah," ucap Perry.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X