RUU Stimulus AS Dapat Lampu Hijau, Pergerakan Rupiah Bakal Positif

Kompas.com - 27/03/2020, 09:17 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (27/3/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.12 WIB rupiah langsung tancap gas dan berada pada level Rp 16.138 per dollar AS.

Rupiah menguat 168 poin sebesar 1,03 persen dibanding penutupan Kamis Rp 16.306 per dollar AS.

Baca juga: Banjir Stimulus, Rupiah Makin Perkasa

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan IHSG yang rally cepat kemarin didukung oleh optimisme investor dengan RUU stimulus ekonomi senilai 2 triliun dollar AS yang sudah diloloskan senat AS menuju DPR AS.

“Indeks saham AS yang menguat cukup besar kemarin (lebih dari 6 persen untuk Dow Jones) bisa memberikan sentimen positif juga ke aset berisiko hari ini termasuk ke rupiah,” kata Ariston.

Saat ini, senat AS sudah menyetujui proposal stimulus tersebut. Selanjutnya keputusan final ada pada DPR AS yang akan memberikan persetujuan hari ini.

“Diperkirakan DPR AS akan langsung menyetujuinya,” tambah Ariston.

Baca juga: Pelemahan Rupiah Sekarang Vs Krisis 1998, Apa Bedanya?

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak menguat pada ke arah Rp 16.000 per dollar AS sampai dengan potensi resisten Rp 16.305 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X