Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang Rp 30 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Kompas.com - 01/04/2020, 16:06 WIB
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APetugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com – Prajogo Pangestu, pengusaha pendiri dan pimoinan Barito Pacific Group menyalurkan bantuan senilai Rp 30 miliar untuk penanganan virus corona (Covid-19).

Bantuan ini akan diserahkan secara bertahap.

Sumbangan ini disalurkan untuk rumah sakit di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Bantuan diperoleh dari dua anak perusahaan Barito Pacific Group, yaitu Chandra Asri Petrochemicals, Star Energy serta Yayasan Bakti Barito.

Baca juga: Tangani Corona, Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang Rp 2 Miliar

“Kami turut berempati dan merasa prihatin terhadap mereka yang langsung terkena dampak dari pandemi ini. Hal itu sejalan pula dengan arahan founder Barito Pacific Prajogo Pangestu yang ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah, dalam menangani masalah pandemik Covid 19," ujar Direktur Utama Barito Pacific Agus Salim Pangestu dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Agus menyebutkan, bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes Covid-19 yang terdiri dari polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit.

Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta 2 unit ventilator.

Selain itu juga diberikan bantuan lain sebanyak 60.000 alat pelindung diri, puluhan alat terapi oxygen, ratusan sarung tangan, sepatu boots, dan peralatan lainnya.

Baca juga: Bakrie Group Sumbang Rp 20 Miliar untuk Atasi Corona

"Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akir Maret dan berlanjut hingga sekarang dan waktu waktu mendatang," jelas Agus.

Rumah sakit yang akan menerima bantuan ini adalah, RSPI Sulianti Saroso, RS Harapan Kita, RSUP Persahabatan, RS St Carolus dan RSCM.

Untuk Banten terdiri dari RSUD Cilegon, RSUD Serang, RSUD Provinsi Banten serta RS Krakatau Medika.

Kemudian di provinsi Jawa Barat terdiri dari RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, dan RSUD Slamet Garut.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X