Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Prediksi AS Benar-benar Terbebas dari Virus Corona Pada Tahun 2021

Kompas.com - 09/04/2020, 05:14 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, memprediksi Amerika Serikat baru akan terbebas sepenuhnya dari bayang-bayang virus corona (Covid-19) pada tahun depan, 2021.

Menurutnya, hal tersebut diakibatkan proses penemuan dan penyebaran vaksin Covid-19 secepat-cepatnya membutuhkan waktu lebih dari satu tahun.

"Vaksin sangatlah penting, karena sebelum Anda memiliki vaksin, maka semuanya belum akan kembali normal," ujarnya, dikutip dari CNBC, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Bill Gates Meminta Ini kepada Negara Maju

Orang paling kaya nomor dua dunia tersebut mengakui, social distancing berperan dalam menekan angka pasien positif Covid-19.

Namun, apabila ingin benar-benar terbebas dari Covid-19, maka diperlukan metode 'contact tracing' yang lebih maksimal dengan menggunakan vaksin.

Pendiri Microsoft itu juga menyarankan pemerintah AS untuk meniru China yang sudah mulai bangkit dari terpaan virus corona, selama 6 hingga 12 bulan ke depan.

"Mereka (China) mulai memperbolehkan masyarakat bekerja, namun tetap mengenakan masker. Mengecek suhu tubuh. Mereka tidak menggelar kegiatan besar-besaran. Sehingga mereka mampu mencegah wabah virus corona kembali muncul," tuturnya.

Lebih lanjut, suami dari Melinda Gates itu merekomendasikan agar perkumpulan kembali diperbolehkan, tergantung dari usia.

"Sehingga kelas dengan 30 orang muda di dalamnya mungkin baik-baik saja," katanya.

Kendati demikian, ia menekankan agar pelaksanaan kegiatan dengan perkumpulan massa yang besar tetap tidak diberlakukan selama vaksin belum ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com